6 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi, Yuk Bantu Sesama!

Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi

Sumber: pinterest.com

Semenjak wabah corona ditetapkan sebagai pandemi, segala kegiatan sehari-hari pun berubah cukup drastis. Hal yang perlu kita lakukan untuk mengurangi penyebaran covid-19 adalah dengan melakukan social distancing serta tetap berada di rumah. Pelajar yang bersekolah, mahasiswa yang kuliah dan para pekerja pun kini harus melakukan segala kegiatannya dari rumah. Ada juga sebagian orang yang tidak bisa work from home karena urusan penting dan pastinya harus tetap menaati aturan yang sudah ditetapkan.

Nah, buat sebagian orang yang tetap harus berada di rumah, rasa stres dan bosan pasti menghampiri. Jika rasa bosan mulai menghampiri, cobalah lakukan kegiatan asyik dan bermanfaat di tengah pandemi covid-19. Jangan sampai pandemi ini menjadi alasan kita buat tidak melakukan kegiatan positif.

1. Bantu Para Tenaga Medis

Sumber: pinterest.com

Tenaga medis tentunya menjadi salah satu harapan kita untuk memerangi virus yang sedang wabah ini. Mereka bertaruh nyawa buat menyembuhkan masyarakat yang terinfeksi virus corona. Dukunglah para tenaga medis yang sudah berjuang hingga saat ini dengan memberikan bantuan. Seperti menyumbangkan masker, alat APD, berdonasi dana untuk memenuhi segala kebutuhan medis atau memberikan makanan. Untuk memberikan bantuan tenaga medis, kamu bisa datang secara langsung ke rumah sakit yang menangani covid-19 atau lewat organisasi

2. Kasih Tips Lebih

Sumber: pinterest.com

Meski di tengah wabah seperti ini kita tentunya masih perlu membeli kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, alat mandi, dan keperluan keluarga lainnya. Buat memenuhi kebutuhan tersebut, biasanya banyak yang memilih pergi ke swalayan, minimarket atau membeli di online shop. Nah, disinilah kamu bisa membantu para pekerja atau kurir yang tetap bekerja meski di tengah pandemi seperti ini. Jika ada budget lebih, tidak ada salahnya memberikan tips kepada mereka untuk membantu sesama. Walau tampak sederhana, namun rasanya menyenangkan ketika melakukan kebaikan!

3. Donor Darah

Sumber: pinterest.com

Mendonorkan darah di tengah pandemi bisa menjadi kegiatan bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk bantu sesama. Sekarang ini jumlah stok darah berkurang sebab menurunnya jumlah para pendonor. Belum lagi ada sebagian penderita covid-19 yang juga membutuhkan donor darah. Biar bisa membantu mereka, cobalah donorkan darah kamu ke rumah sakit atau tempat donor darah. Namun pastikan kondisi tubuh kamu sehat, ya!

4. Berikan Bantuan Sembako ke Tetangga atau Wilayah Terdampak Corona

Sumber: pinterest.com

Banyak masyarakat yang ikut terkena dampak corona, terutama dari segi pekerjaan serta finansial. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan dan sulit untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari. Kalau kamu punya banyak rezeki, membantu sesama dengan menyumbangkan sembako seperti beras organik, minyak, gula telur, atau menyumbang berupa uang bisa kamu lakukan. Memberikannya secara langsung kepada mereka yang terdampak corona atau lewat organisasi juga gak ada salahnya. Hal-hal seperti ini sebenarnya dibutuhkan sekali bagi mereka yang terdampak corona dan sulit buat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

5. Tetap Menjaga Komunikasi

Sumber: pinterest.com

Selama di rumah aja, kita jadi jarang ketemu dengan teman-teman dan orang terdekat. Rasa rindu pun kerap menghampiri. Biar aktivitas di rumah gak membosankan, video call, atau chatting bareng mereka bisa jadi kegiatan yang mengasyikan lho. Ini juga dapat mengobati rasa rindu kamu kepada mereka saat di rumah aja. Tetap menjaga komunikasi dapat memberikan ketenangan kepada mereka dan juga diri sendiri. Berikanlah support satu sama lain biar tetap semangat menjalani hari meski di tengah wabah corona.

6. Patuhi Imbauan yang Telah Ditetapkan

Sumber: pinterest.com

Terakhir, hal positif yang perlu kamu lakukan agar penyebaran virus corona tidak semakin banyak adalah dengan tetap mematuhi himbauan yang diberikan oleh pemerintah. Antaranya seperti menggunakan masker saat ke luar rumah, karantina mandiri, rajin cuci tangan, social distancing, dan tetap berada di dalam rumah jika tidak ada keperluan penting.

Sesederhana apapun bantuan yang kamu berikan tentunya sangat berarti dan bermanfaat bagi mereka!