Cara Mengatasi Perangkat Tidak Bisa Download

Saat mengunduh sebuah aplikasi, pernakah Anda mengalami kendala seperti proses download yang tidak berjalan? Padahal, koneksi internet stabil dan perangkat smartphone, PC atau laptop dalam keadaan baik. Ada beberpa sebab yang mungkin terjadi saat download software gratis, dan paling umum karena masalah internal pada sistem penyimpanan atau soal teknis lainnya.

Hal yang juga cukup mengganggu adalah saat Anda sudah menunggu cukup lama hingga proses pengunduhan 99% namun tiba-tiba gagal. Masalah ini tentu tak hanya menghabiskan waktu namun juga kuota jika menggunakan data pribadi. Masalah lain juga timbul saat proses download bahkan tak berjalan sama sekali, padahal kapasitas file download terbilang kecil. Karena itu, artikel ini akan memberi tips menangani file download tidak berjalan. Berikut ini daftarnya:

1. Pastikan Koneksi Internet

Tips pertama bisa dijalankan adalah memastikan koneksi internet lebih dulu, apakah menggunakan WiFi atau kuota internet lancat atau tidak. Cara memeriksa sederhana, dengan browsing untuk pencarian biasa. Jika proses ini saja lambat atau bahkan tidak merespons maka bisa dipastikan inilah penyebabnya. Solusinya yakni mengganti koneksi atau jika memungkinkan cukup tunggu hingga jaringan internet lebih stabil.

2. Download Ulang

Jika tips pertama sudah dilakukan dan koneksi internet baik, maka Anda bisa melakukan langkah sederhana yaitu menghentikan proses download dan melakukannya kembali. Cara ini umum dilakukan jika perangkat sedang lag, dan akan lebih baik jila mengunduh dari sumber yang sama. Sederhananya, apabila Anda mengunduh pada situs tertentu maka pengguna harus menghapus file lama dulu. Jika sudah, barulah Anda bisa mulai mengunduh kembali di tempat serupa.

3. Periksa Ruang Penyimpanan

Sebab lain dari proses unduh tidak berjalan karena kapasitas memori yang tak lagi memadai. Kendala ini cukup umum, sehingga Anda harus memeriksa ruang di memori internal maupun eksternal dan menyesuaikannya dengan file download yang diinginkan. Jika memang tak cukup, hapus beberapa file yang dianggap tak penting untuk diganti dengan file baru.

Pengecekan ini bisa dipastikan lebih dulu sebelum proses unduh dilakukan. Atau, sering-seringlah menghapus cache pada perangkat agar setiap kali ada dokumen ingin diunduh Anda tak perlu report menghapus file lagi. Manfaatkan juga aplikasi pembersih macam Clean Master pada Android maupun iOS juga CCleanser khusus Windows.

4. Pilih Aplikasi Lain

Alternatif lain adalah dengan mengunduh file di aplikasi maupun situs berbeda. Banyak aplikasi maupun halaman website yang kerap bermasalah sehingga menghambat proses pengunduhan. Misal saja, jika mulanya Anda menggunakan Google Chrome dan tidak berfungsi cobalah pindah ke UC Browser atau sejenisnya.

Sebagai saran, Anda bisa memilih aplikasi Advanced Download Manager yang juga tersedia untuk PC maupun Laptop. Aplikasi ini sebenarnya serupa dengan IDM yang lebih banyak digunakan. Bukan hanya mendukung proses unduh lebih cepat, namun juga mengatasi masalah download yang tidak berjalan.

Dari keempat tips di atas, cobalah melakukan dari yang paling sederhana seperti memeriksa koneksi internet maupun memori penyimpanan. Jika tidak berfungsi, barulah mencoba tips lain yang mungkin lebih bisa membantu. Pun jika keempat alternatif tidak berjalan maka kemungkinan besar file yang ingin diunduh memang bermasalah langsung dari servernya.

Jika menggunakan siabah.me masalah ini tak akan Anda temukan karena berbagai software original maupun modifikasi beragam versi. Download software full version pun lebih efisien dalam satu platform demi kemudahan penggunanya.

Putra Maraimo

Kembali ke atas