Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuas atau laos merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk beragam jenis masakan.

Selain itu, tanaman lengkuas ini sangat mudah tumbuh. Bahkan, anda bisa menanamnya dengan menggunakan pot yang berisi tanah gembur dicampur humus atau bisa juga menggunakan media tanam kompos. Lengkuas bisa tumbuh baik di bawah sinar matahari langsung dengan kelembaban yang tetap terjaga.

Bukan hanya itu, lengkuas pun memiliki banyak manfaar untuk kesehatan, antara lain :

Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat lengkuas yang pertama adalah diyakini mampu meningkatkan kesuburan pria. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, dimana jumlah serta pergerakan sperma meningkat pada seekor tikus yang sudah diberi ekstrak lengkuas. Selain itu, ada sebuah studi yang dilakukan selama 3 bulan yang melibatkan 66 pria dengan kualitas sperma rendah. Sebanyak 62% mengalami peningkatan pergerakan sperma setelah diberi suplemen harian yang mengandung ekstrak lengkuas dan buah delima.

Untuk bisa mendapatkan khasiat lengkuas, anda ambil 2 lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, kemudian diparut dan diperas. Jika sudah ada airnya, lalu campur dengan 2 buah jeruk nipis peras.

Dapat Meringankan Sakit Perut dan Masalah Pencernaan

Manfaat lengkuas selanjutnya adalah diyakini mampu meringankan sakit perut dan masalah pencernaan. Masyarakat sering memanfaatkan lengkuas untuk menenangkan perut yang tidak nyaman, mengurangi muntah, menghentikan cegukan dan mengatasi diare.

Baik Untuk Kesehatan Otak

Lengkuas ternyata sangat baik untuk mendukung kesehatan otak karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Lengkuas dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif dengan cara mengurangi plak beta-amyloid. Penyakit tersebut sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian sel saraf di otak yang dapat menyebabkan gangguan fungsi mental dan gerakan tubuh.

Antikanker

Kandungan galangin pada lengkuas dipercaya sangat efektif dalam kasus kanker hepatoma, melanoma, dan kanker usus besar. Selain itu, galangin juga berpotensi mengendalikan sel kanker payudara. Bahkan, lengkuas juga dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya.

Putra Maraimo

Kembali ke atas