Perawatan Pada Industri Agar Bisa Maksimal dan Nyaman

Sementara pekerja bertugas sebagai operator mesin. Sudah bukan hal yang aneh jika jam operasional sebuah industri besar 24 jam non stop sehingga banyak memberlakukan sistem shifting. Mesin-mesin yang menyala terus menerus tersebut membutuhkan perawatan rutin sehingga tetap prima meskipun sudah lama digunakan.

1. Cooling tower industri
Tower merupakan salah satu bagian yang mempunyai peran penting dalam produksi beberapa industri dan cukup sulit perawatannya. Masalah yang dihadapi oleh industri hampir serupa yaitu sulit mempertahankan aliran transfer panas agar tetap bersih. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang mempunyai program untuk mengatasinya.

Program cooling tower berupa treatment 3 in 1 akan memberikan perlindungan equipment dari kerusakan akibat kerak, karat atau korosi, serta gangguan mikroba seperti lumut ataupun bakteri. Hal ini menjadi salah satu poin penting yang harus diterapkan untuk menjaga keselamatan pekerja karena mesin dioperasikan terus menerus dengan downtime minim.

Keunggulan lainnya yaitu mengurangi efek negatif untuk lingkungan dan mengurangi anggaran operasional. Dukungan teknis yang diberikan berupa analisa air secara rutin dilakukan oleh tenaga ahli dalam bidang tersebut. Pengembangan bisa terus dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan cooling tower dan pekerja pabrik agar tujuan-tujuan tersebut dapat direalisasikan.

2. Treatment Chemical Boiler
Treatment boiler pada peralatan akan membantu industri menstabilkan transfer panas terjaga kebersihannya sehingga alat-alat yang harganya mahal tidak cepat rusak. Pastikan memilih perusahaan yang memberikan jaminan pengoperasian sistem 24 jam agar tidak sering terjadi downtime. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan, pekerja, dan lingkungan.

Adapun alat yang digunakan untuk penukaran panas biasa disebut heat excharger. Fungsinya yaitu mengalirkan energi panas antar fluida, antar fluida dan permukaan padat, ataupun partikel padat dan fluida dalam tingkat temperatur yang beragam. Fungsi lainnya sebagai pembuang panas, alat pemisahan campuran, strelisisasi, pemurnian, dll.

Apabila anda memilih Perusahaan ini untuk penanganan treatment chemical boiler, berikut manfaat yang akan didapatkan :

• Manfaat bagi perusahaan
Biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat dengan pengurangan pemakaian bahan bakar, bahan kimia, ataupun air. Sehingga otomatis akan meningkatkan pendapatan. Penanganan akan dilakukan oleh ahli teknis secara langsung untuk proses perbaikan yang berkelanjutan.

• Manfaat bagi karyawan
Ada tambahan pelatihan tentang penggunaan bahan kimia agar lebih efisien untuk penghematan sekaligus keamanan. Otomatisasi yang diterapkan dapat meminimalkan kesalahan pekerja dan mengurangi manpower.

• Manfaat bagi lingkungan
Menggunakan cara ramah lingkungan adalah pilihan terbaik untuk menjaga kelestarian alam sekitar. Metode bolier yang menghemat bahan bakar, air & bahan kimia dengan recovery tingkat tinggi.

3. Pentingnya kelancaran sanitasi industri
Sanitasi selalu berhubungan dengan saluran pembuangan baik air, limbah, ataupun partikel sisa produksi lainnya. Keberadaan sanitasi dalam sebuah pabrik tentu saja berbeda-beda tergantung jenis bahan baku dan produk yang dihasilkan. Tujuannya jelas untuk menjaga kebersihan agar limbah tidak menimbulkan banyak penyakit.

Banyak sekali jenis wabah penyakit yang menyerang manusia akibat pembuangan pabrik yang tidak dikelola dengan baik salah satunya yaitu infeksi bakteri Legionella. Penularannya berasal dari butiran air yang menyimpan bakteri tersebut kemudian terhirup oleh seseorang.

Dari beberapa hasil temuan menyebutkan jika cooling tower & evaporative condenser, serta equipment penghilang panas menyebabkan udara terkontaminasi bakteri legionella. Untuk menghindari hal tersebut, setiap industri diwajibkan mempunyai sanitasi berkala terutama untuk cooling tower.

Program yang ditawarkan oleh Perusahaan ini meliputi pengelolaan air berdasarkan CTI untuk staf pabrik, sertifikasi laboratorium untuk sampel, dan menerapkan standard JCAHO EC 1.7.

Perawatan industri tersebut saling berkaitan dan penting. Pihak pengelola sebaiknya menunjuk perusahaan maintenance handal dalam layanan-layanan tersebut agar produksi berjalan baik dan kelestarian lingkungan tetap terjaga.