30 Januari 2023

Merawat mobil tidak hanya melulu soal mesin, tapi juga body, termasuk bemper. Bemper yang berada di bagian depan dan belakang mobil kerap jadi bagian yang tak luput dari lecet bahkan penyok.

Bemper mobil penyok membuat kendaraan terlihat jelek. Selain di bengkel body repair, bemper yang penyok ternyata bisa diperbaiki sendiri. Tapi, mari kita mengenal apa itu bemper mobil, beserta fungsi bahan yang terkandung dari website otomotif Otoklix.

Apa itu bemper mobil?

Bemper merupakan bagian dari mobil yang memiliki engsel atau built in dan biasanya diletakkan di bagian depan atau belakang mobil. Bemper bentuk dan penempatannya sangat bergantung pada ide desain seorang pembuat mobil. Secara visual, bemper akan membentuk menjadi suatu kesatuan dengan keseluruhan mobil dan membuat tampilan mobil menjadi lebih stylish dan elegan.

Bemper memiliki bentuk yang cukup bervariasi, tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Jaman dulu, bemper tidak menjadi komponen wajib pada sebuah mobil. Awalnya, bemper mobil terbuat dari potongan baja tebal yang kaku dan dipasang pada bagian depan saja. Konstruksi bemper juga belum dapat diandalkan karena hanya dipasang dengan baut dan gantungan pegas. Bemper modern dirancang menjadi sebuah elemen yang tahan banting, karena dirancang untuk meredam berbagai jenis benturan.

Fungsi bemper mobil

Bemper mobil memiliki fungsi utama sebagai pelindung mobil di bagian depan. Bemper adalah komponen yang akan terkena dampak lebih dulu jika terjadi benturan. Letaknya berada di bagian terluar di depan atau belakang mobil. Fungsi lainnya adalah melindungi rangka dan mesin mobil.

Dengan adanya bemper, maka benturan tidak akan langsung menghancurkan bagian mesin atau tangki bahan bakar alias meminimalisir kerusakan. Namun hal itu tergantung seberapa keras benturan yang dialami.

Bemper juga selain melindungi mesin secara tidak langsung melindungi pengemudi dan penumpang. Namun tetap saja, baik penumpang atau pengemudi diwajibkan untuk memakai seat belt sebagai sistem keamanan tambahan. Yang terakhir, bemper berfungsi sebagai bagian estetika atau penampilan mobil. Kehadiran bemper mobil juga mempercantik tampilan mobil.

Bahan-bahan bemper mobil

Seiring perkembangan industri otomotif, para insinyur mengembangkan sejumlah bahan untuk membuat bemper. Tak lagi dari besi atau baja, bemper mobil modern kini terbuat dari plastik dan fiber sebagai material. Pengembangan bemper mobil seperti inilah yang membuat mobil terlahir dengan wajah berbeda. Bahkan bemper mobil kini seolah menjadi identitas suatu merek mobil. Penggunaan bahan itu kian meluas dan dinilai sebagai komponen ringan yang mampu mereduksi bobot kendaraan. Semakin ringan bobot kendaraan maka bahan bakar yang dikonsumsi jauh lebih irit. Berikut bahan-bahan pada bemper mobil.

Polypropylene

Polypropylene (PP) adalah plastik sintetis yang paling banyak digunakan produsen bemper mobil. Jenis ini bersifat kasar dan paling tahan terhadap berbagai jenis bahan kimia juga ramah lingkungan.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Polyvinyl chloride (PVC) adalah salah satu termoplastik yang memiliki fleksibilitas terhadap suhu panas dan dingin.

Polystyrene (PS)

Polystyrene (PS) adalah sebuah polimer dengan monomer stirena, sebuah hidrokarbon cair yang dibuat secara komersil dari minyak bumi. Pada suhu ruangan, polystyrene biasanya bersifat termoplastik padat dan dapat mencair pada suhu yang lebih tinggi. Polystyrene padat murni adalah plastik keras, tidak berwarna dan mempunyai fleksibilitas sehingga bisa dibentuk berbagai

Thermoplastic polyurethane (TPU)

Jenis ini memiliki karakteristik yang elastis, transparan dan tahan terhadap suhu rendah tanpa mengalami perubahan bentuk.

Polycarbonate

Ini adalah salah satu jenis plastik yang paling mudah dibentuk dan dicetak. Kelebihan dari bahan ini juga cenderung tahan panas.

Polybutylene rerephthalare (PBT)

Bahan ini tergolong sebagai salah satu thermoplastik yang digunakan sebagai penghantar pada industri listrik, elektronik sampai otomotif. Kelebihan dari bahan ini adalah tahan panas.

Polyxymethylene (POM)

POM memiliki kekakuan dan cenderung stabil dalam suhu yang rendah

Cara memperbaiki bemper mobil penyok

Bemper penyok dengan kerusakan minim walaupun tidak terlalu mempengaruhi fungsi namun mengganggu keelokan kendaraan. Jika penyok hanya berukuran kecil, bisa diperbaiki sendiri. Tidak harus ke bengkel. Berikut cara memperbaiki bemper penyok secara mandiri.

Menggunakan air panas

Bemper mobil yang penyok bisa disembuhkan dengan air panas. Caranya, bagian mobil yang penyok disiram perlahan dengan air panas. Karena, pada dasarnya air panas akan membuat bahan plastic fiber akan lunak dan bisa kembali ke bentuk dasar. Walaupun tidak ada jaminan bentuknya akan balik ke keadaan semula.

Menggunakan Hair dryer

Selain menggunakan air panas, beberapa orang juga menganggap memperbaiki bemper dapat dilakukan dengan menggunakan hair dryer. Panas yang dikeluarkan hair dryer dipercaya dapat mengatasi bemper penyok. Caranya, panaskan bagian bumper dengan hair dryer. Jika sudah panas dan agak meleleh, segera dorong perlahan agar bentuk kembali seperti semula.

Menggunakan palu karet

Palu karet bisa juga menjadi alat bantu memperbaiki bemper yang penyok. Caranya, hanya dengan mengetuk bagian yang penyok hingga kembali ke posisi semula. Namun harus hati-hati dan dilakukan dengan perlahan.

Menggunakan heater gun

Cara berikutnya, untuk mengatasi bemper penyok adalah dengan bantuan alat bernama heater gun. Perbaikan bumper penyok yang tepat dapat dilakukan dengan menggunakan alat ini pada suhu panas sekitar 150 derajat Celcius. Hal ini dilakukan sejalan dengan metode perbaikan body on dolly agar permukaan bumper bisa mencapai hasil yg maksimal.

Biaya memperbaiki bemper mobil di bengkel

Memperbaiki bemper penyok selain secara mandiri bisa dilakukan di bengkel body repair. Tentunya jika tingkat kerusakan sudah cukup tinggi maka perbaikan secara mandiri tidak lagi efektif. Harus diperbaiki di bengkel. Semua bengkel tersebut bisa memperbaiki bemper dengan variasi harga yang berbeda-beda. Semakin parah penyoknya, semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan.

Sebagai gambaran, bengkel body repair biasanya mematok harga perbaikan per bagian yang rusak dengan hitungan panjang (dalam ukuran cm) dan per panel.  Contohnya, untuk bemper penyok sepanjang 10-20 cm, harga yang dipatok berkisar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu dan ini tergantung pada tingkat kerusakan.

Apabila kerusakan bemper cukup parah hingga robek, biaya yang harus kalian keluarkan pastinya lebih tinggi karena mungkin ada bagian yang harus diberi komponen ekstra.  Pada mobil kecil, misalnya, biaya pengecatan bemper yang sudah diperbaiki berkisar Rp350 ribuan per panel. Harga untuk mobil MPV dan SUV tentu berbeda dan sedikit lebih mahal, yaitu berkisar di Rp 450 ribuan per panel.

Nah, OtoFriends yang ingin mencari bengkel detailing mobil terdekat bisa mencari di aplikasi OtoKlix. OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk memperbaiki body kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.