30 Januari 2023

Menggunakan kehadiran dari jasa desain rumah memang dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda untuk membangun berbagai hal di rumah termasuk taman. Memiliki lahan kosong sempit di depan rumah memang tidak menjadi halangan untuk membangun taman nantinya.

Tetapi memang ketika Anda akan membangun taman, maka harus memperhatikan banyak hal nantinya. Terlebih lagi dalam pemilihan jenis tanaman yang akan di tanam.  Salah dalam memilihnya, justru akan membuat tampilan dari taman bahkan hunian juga buruk.

Cara Desain Taman Dengan Lahan Sempit

Tinggal di Kawasan perkotaan biasanya memang hanya memiliki lahan terbatas untuk taman tetapi jangan khawatir karena Anda tetap bisa membuat taman yang cantik lho. Terdapat beberapa pilihan tanaman sekaligus material khusus yang dapat digunakan untuk memaksimalkan nilai estetika depan rumah Anda.

Apabila Anda masih bingung dalam melangkah, berikut ini kami berikan tutorial membangun taman di lahan sempit di rumah Anda tersebut.

Cek Luas Lahan Yang Dimiliki

Hal paling utama yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengecek ulang lahan di depan rumah Anda tersebut. Secara umum untuk rumah minimalis dengan ukuran 36, maka terdapat taman berukuran 3,5 x 6 meter.

Tetapi ukuran tersebut ternyata bisa lebih kecil atau besar, tergantung dengan pengembang rumah yang dipilih. Sesudah menentukan ukuran, maka akan memberikan kemudahan dalam menentukan apa sajakah dimana akan ditaruh tersebut.

Pilih Desain Taman Yang Tepat

Sesudah Anda mengecek luas lahan pada taman, maka langkah berikutnya adalah dengan memilih desain taman. Terdengar cukup sepele, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memilih konsepnya tersebut.

Kami sarankan agar memilih konsep tersebut sesuai dengan tema secara keseluruhan yang terdapat pada rumah Anda. Intinya adalah menjaga keselarasan dengan konsep hunian Anda ini.

Menentukan Jenis Tanaman

Langkah dekorasi taman sempit berikutnya adalah dengan menentukan jenis tanaman yang akan ditanam tersebut. Ada beberapa tanaman berbunga, tanpa bunga, buah-buahan hingga sayur-sayuran.

Apabila tujuannya hanyalah menambah estetika rumah maka pilih tanaman berbunga dan tanpa bunga bisa menjadi pilihan. Seperti lidah buaya, palem, kaktus, ajuga, caldium, hingga aglaonema juga.

Siapkan Media Untuk Tanam

Setelah Anda menentukan jenis tanaman yang akan ditanam maka langkah berikutnya adalah menyiapkan media untuk tanam tersebut. Media tersebut biasanya terdiri dari tanah, kompos, arah sekam ataupun sabut kelapa dan ditaruh di pot atau langsung di atas lahan.

Jangan Lupa Terapkan Saluran Air

Tips terakhir yang wajib untuk Anda gunakan adalah jangan lupa agar menerapkan saluran air juga. Kehadiran dari saluran inilah ternyata sangat penting karena dapat mengatur dan menyerap kelebihan air nantinya.

Terlihat rumit untuk mendesainnya? Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kehadiran dari jasa desain hunian. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa dari desainrumah.co.id sekarang juga.