Keluhan Telapak Kaki Sakit? Ini Penyebab dan Mengatasinya

Anda pernah mengalami rasa sakit pada bagian telapak kaki ? Nah, tentunya sangat mengganggu sebab rasa sakit tersebut biasanya menyerang Anda ketika saat pagi hari ataupun saat Anda baru bangun dari tidur.

Rasa sakit yang tak tertahankan tersebut biasanya berpusat pada tumit, telapak kaki bagian tengah, ataupun telapak kaki bagian depan yang dekat dengan jari jari Anda. Anda pasti juga bertanya tentang keluhan telapak kaki sakit? ini penyebab dan mengatasinya bukan ? Kita akan membahasnya satu per satu.

Pertama, Anda mengalami rasa sakit pada telapak kaki ? nah keluhan dari rasa sakit pada telapak kaki Anda diakibatkan adanya penyakit Plancar Faciitis yakni suatu penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan tebal atau plantar fasia yang ada di sepanjang telapak kaki Anda.

Beragam Gejala Terkena Penyakit Plancar Faciitis

Penyakit Plancar Faciitis ini tentunya juga memiliki gejala gejala yang dapat Anda amati dan juga rasakan. Diantaranya adalah rasa nyeri serta sakit pada telapak kaki terutama pada bagian tumit Anda. Pada awalnya, rasa sakit pada kaki ini terasa biasa saja namun bila tidak segera diobati maka akan menyebar hingga Anda merasakan nyeri pada kedua kaki Anda.

Yang perlu Anda perhatikan tentang keluhan telapak kaki sakit? ini penyebab dan mengatasinya adalah gejala yang khas dari Plancar Faciitis adalah Anda akan merasa kesulitan saat berjalan serta merasa nyeri pada saat bangun pagi hari.

Penyebab Utama Dari Penyakit Plancar Faciitis

Nah, berbagai penyakit memang memiliki penyebab utama yang dapat menyebabkan penyakit tersebut menyerang tubuh Anda termasuk penyakit Plancar Faciitis tersebut. Ya, penyakit Plancar Faciitis atau peradangan pada lapisan tebal tersebut memang memiliki berbagai penyebab. Beberapa orang yang terkena penyakit Plancar Faciitis ini memang dalam kondisi seperti :
1. Dalam kondisi memiliki kadar lemak berlebih atau kegemukan atau obesitas
2. Dalam kondisi hamil apalagi saat memasuki masa hamil tua
3. Pelari jarak jauh
4. Berusia sekitar 40 hingga 60 tahun keatas
5. Melakukan beragam macam jenis pekerjaan berat yang selalu bertumpu pada kaki seperti buruh pabrik, kuli bangunan, hingga guru yang membutuhkan waktu berdiri lebih dari 6 jam
6. Rata rata penyakit ini di derita oleh kaum perempuan di bandingkan seorang laki laki

Nah, selanjutnya, kita akan membahas tentang cara mengatasi penyakit Plancar Faciitis tersebut.

Tentu setiap penyakit sudah pasti ada obatnya. Sama halnya dengan penyakit Plancar Faciitis tersebut. Terdapat dua langkah untuk menghadapi keluhan telapak kaki sakit? ini penyebab dan mengatasinya dengan cara mengobati di rumah atau pun dengan bantuan medis.

Dengan Cara di Rumah

1. Mengkompres telapak kaki Anda dengan menggunakan es pada bagian yang sakit selama 15 hingga 20 menit
2. Mengurangi berbagai aktifitas berat
3. Memberikan bantalan pada area kaki Anda ketika menggunakan sepatu
4. Lakukan olahraga rutin seperti peregangan otot agar otot kaki Anda dapat kembali terlatih
5. Selalu gunakan alas kaki yang terasa empuk

Dengan Cara Medis

1. Menggunakan Injeksi Steroid

Suntikan kortikosteroid langsung pada bagian kaki yang terasa sakit memang dapat diberikan lansung.

2. Fisiotherapy

Fisiotherapy adalah beragam terapi fisik yang diberikan oleh fisioterpist untuk meregangkan otot otot yang telah kaku.