Sebelum Latihan Angkat Beban, Berikut Hal yang Wajib Diketahui

Latihan angkat beban menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh sejumlah orang buat mendapatkan tubuh yang sehat dan fit. Walaupun demikian, jenis latihan yang satu ini dianggap memberatkan dan melelahkan. Karena itulah, tidak sedikit dari masyarakat yang enggan buat melakukan latihan ini dan memilih jenis olahraga lainnya.

Padahal jika dilihat lebih jauh, latihan tersebut akan memberikan banyak manfaat seperti membantu untuk membangun otot, membantu membakar kalori didalam tubuh hingga untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan tubuh yang sehat, maka anda akan terhindar dari berbagai macam risiko penyakit berbahaya bukan?

Hal penting sebelum latihan angkat beban

Hal penting sebelum latihan angkat beban

Kendati kelihatannya mudah untuk dilakukan karena anda hanya akan mengangkat beban berat didepan anda, tetapi latihan ini sebaiknya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa hal dimana wajib untuk anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Susun program latihan terlebih dahulu

Apapun jenis olahraga yang diikuti, memang sangat penting untuk mengetahui tujuan untuk melakukannya termasuk angkat beban tersebut. Pada umumnya, masyarakat tertarik buat mengikuti latihan ini karena untuk membentuk otot tubuh dengan cepat. Disinilah, sebaiknya anda melakukan susunan latihan yang tepat agar dapat memperoleh hasil maksimal.

Baik itu otot dada, lengan, punggung, perut maupun kaki ternyata harus mempunyai porsi yang tepat. Tetapi perlu diingat apabila sebaiknya jangan pernah menargetkan semuanya di dalam satu kali latihan saja. Cobalah untuk menyusun program latihan secara bertahap.

2. Lakukan pemanasan sebelum mengangkat beban

Hal penting sebelum latihan angkat beban yang berikutnya adalah jangan pernah sampai lupa buat melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini sangat penting karena untuk mempersiapkan otot anda hingga mencegah adanya cedera.

Tetapi kebanyakan masyarakat langsung ingin melakukan angkat beban tanpa pemanasan. Akibatnya tidak sedikit dari mereka mengalami cedera ketika olahraga. Pemanasan didalam latihan ini dapat dilakukan dengan cara lari-lari kecil hingga peregangan.

3. Cobalah mengatur frekuensi dan intensitas latihan

Biasanya manusia membutuhkan olahraga selama 150 menit didalam satu minggu atau 30 menit dalam sehari. Semua jenis olahraga sendiri memiliki prinsip sama termasuk dengan latihan angkat beban ini.

Mengatur frekuensi dan intensitas latihan memang sangat penting karena setiap orang memang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Untuk anda yang seorang pemula, cobalah latihan 2 kali seminggu dengan lama waktu 30 menit. Jika sudah menunjukkan perkembangannya, maka anda bisa langsung menambah frekuensi maupun intesitasnya.

4. Lebih focus pada postur dan gerakan

Perlu diingat apabila latihan angkat beban ternyata lebih baik apabila Anda lebih focus terhadap postur maupun gerakan. Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila anda terlalu focus pada repetisi maka hasilnya akan kurang maksimal. Jangan lupa memperhatikan postur tubuh ketika anda tengah mengangkat beban.

5. Dapatkan istirahat juga

Hanya karena ingin membentuk otot dengan cepat, tidak sedikit dari masyarakat yang lupa memperoleh istirahat yang cukup dan terus memaksakan diri buat melakukan latihan. Padahal ini merupakan sala satu kesalahan cukup besar. Terlebih lagi apabila anda merasakan nyeri pada otot setelah melakukan olahraga, sebaiknya jangan memaksakan diri buat melakukan latihan.

Cobalah memberikan waktu buat otot istirahat. Selama proses istirahat itulah, jangan lupa buat memenuhi gizi dan mengkonsumsi air maupun makanan dengan protein tinggi.

Ada berbagai macam jenis latihan yang dapat anda ikuti seperti latihan angkat beban ini. Apabila Anda ingin melakukannya maka perhatikan beberapa hal penting didalamnya.

Putra Maraimo

Kembali ke atas