18 Mei 2024
Cek Touchscreen HP Oppo

Membeli smartphone merupakan sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Hal ini karena ada banyak sekali pekerjaan yang menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan memakai telepon pintar. Salah satu brand telepon pintar terkenal adalah Oppo. Dalam membelinya, pastikan mengecek komponen layar berupa sensitivitas sentuhan. Ada sejumlah metode cek touchscreen Oppo yang dapat diterapkan di berbagai tipe.

Oppo merupakan salah satu brand smartphone dengan pengguna cukup besar di tanah air. Kecanggihan spesifikasi di dalamnya akan semakin memberikan kenyamanan ketika dapat memakainya secara maksimal. Touchscreen atau layar sentuh adalah komponen penting dimana pengguna akan memasukkan berbagai perintah untuk direspon. Oleh sebab itu, harus melakukan pengecekan.

Apa Itu Touchscreen?

Cek Touchscreen HP Oppo

Sebelum membahas bagaimana cara pengecekan fungsi dari layar sentuh, maka ketahui terlebih dahulu apa itu touchscreen. Ini merupakan sebuah tampilan yang dapat dilihat secara visual dimana diterapkan di berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, televisi, dan masih banyak lagi lainnya. Cara penggunaannya adalah dengan menyentuhnya memakai jari supaya perintah direspon/dijalankan.

Fitur yang sudah diterapkan di hampir semua smartphone masa kini ini mengandalkan sensor sentuhan. Hal tersebut bisa memakai jari maupun pen khusus. Oppo menjadi merk yang tidak ketinggalan membekali seri-serinya dengan teknologi layar sentuh. Dalam pemakaian sehari-hari, tidak jarang ditemukan error atau masalah sehingga tersedia fitur untuk melakukan pengecekan langsung di smartphone.

Mengecek kondisi layar sentuh disarankan juga saat pertama kali membeli hp. Ini untuk memastikan kondisinya bagus serta responsif. Apabila ditemukan keganjilan, maka pengguna dapat langsung membawanya ke konter servis resmi Oppo supaya memperoleh penanganan secara langsung dan cepat. Metode mengecek juga bisa memanfaatkan aplikasi bantuan dimana dapat diunduh melalui Play Store.

Cara Cek Touchscreen Hp Oppo Tanpa Aplikasi

Mengecek keadaan layar sentuh dapat dilakukan oleh pengguna Oppo semua seri. Metode pertama yang bisa Anda pilih adalah tanpa aplikasi. Dengan begitu, sudah tersedia trik yang disediakan di ponsel, yaitu melalui kode unik. Kode rahasia ini harus dimasukkan di dial pad untuk memunculkan opsi perintah. Berikut cara selengkapnya.

  • Buka menu “HP”
  • Masukkan kode *#800#
  • Tunggu beberapa saat
  • Akan muncul opsi perintah
  • Tekan pilihan “Touchscreen”
  • Cek keadaan layar dengan menyentuh kotak-kotak yang tersedia
  • Jika kondisinya bagus, maka kotak akan berwarna hijau
  • Selesai

Indikator touchscreen yang sehat dapat dilihat dari hasil menyentuh kotak-kotak yanga tampil di layar. Dengan demikian, menandakan bisa dipakai secara optimal tanpa ada kendala di titik-titik tertentu. Metode di atas bisa diterapkan di sejumlah seri smartphone Oppo, seperti F1, F1 Plus, F3, dan A71. Untuk seri lain bisa menyesuaikan sendiri karena mungkin hanya terdapat beberapa perbedaan langkah serta nama.

Cara Mengecek Touchscreen Oppo Menggunakan Bantuan Aplikasi

Apabila smartphone Oppo Anda tidak dapat menerapkan metode memasukkan kode unik, maka jangan khawatir. Terdapat solusi berupa pengecekan menggunakan aplikasi bantuan. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Play Store. Ada banyak sekali pilihannya, namun terdapat 2 rekomendasi untuk Anda. Berikut nama serta proses penggunaan aplikasi selengkapnya.

Dead Pixel Test

Pilihan aplikasi pertama yang dapat diunduh secara gratis di Play Store adalah Dead Pixel Test. App ini tergolong ringan sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan hp Anda. Ikuti proses selengkapnya pada tutorial di bawah.

  • Unduh aplikasi Dead Pixel Test di Play Store
  • Tunggu beberapa saat sampai terinstal
  • Jalankan aplikasinya
  • Sentuh layar secara bebas
  • Jika warna merata, maka tidak ada masalah
  • Selesai

Perbedaan warna dari layar yang sedang sehat atau dalam masalah sangat terlihat. Ini karena jika layar baik-baik saja, persebaran warna merata bahkan hingga ke ujung-ujung. Sedangkan pada touchscreen bermasalah, warna akan tidak tampak di bagian-bagian tertentu.

Touchscreen Test

Opsi app selanjutnya adalah Touchscreen Test. Cara utamanya sama dengan aplikasi lain dimana akan memunculkan engineer mode sehingga proses pengecekan bisa dilakukan. Anda dapat ikuti tahapan lengkapnya seperti di bawah ini.

  • Buka Play Store di hp
  • Masukkan “Touchscreen Test” di kolom pencarian
  • Unduh dan pasang aplikasinya
  • Jalankan app
  • Tekan tombol “Start Test”
  • Sentuh seluruh kotak putih sampai berwarna hijau
  • Selesai

Jika seluruh kotak putih yang Anda sentuh berubah menjadi hijau, maka menandakan touchscreen dalam keadaan baik. Sementara itu, sebaliknya apabila ada kotak tertentu yang tidak dapat berubah warnanya, maka Anda harus waspada karena bisa terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, dapat langsung membawanya ke tempat service.

Mengecek Layar Sentuh HP Oppo dengan Fitur Menggambar

Ada sebuah trik yang bisa diterapkan dalam melakukan pengecekan touchscreen hp ini. Sebelumnya Anda sudah mengetahui cara memasukkan kode unik serta mengunduh aplikasi. Kali ini, manfaatkan fitur Menggambar/Drawing di ponsel Oppo. Berikut tutorialnya.

  • Buka Menu “Keep Notes” di hp
  • Tekan tombol “+” untuk membuat lembar baru
  • Tekan ikon “+x” di bagian kiri bawah
  • Pilih opsi “Drawing”
  • Buat coretan bebas sampai memenuhi layar

Dari cara ini dapat dilihat bahwa layar yang dapat menampilkan coretan sampai penuh dalam kondisi bagus. Namun, jika Anda mencoret di suatu bagian dan tidak dapat keluar gambarnya, maka bisa diindikasikan terjadi error. Memanfaatkan Menu Keep Notes disarankan bagi pengguna Oppo. Tetapi, juga dapat mengunduh app menggambar di Play Store.

Keuntungan Melakukan Pengecekan Touchscreen

Smartphone menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki banyak orang saat ini. Dahulu, hp masih menggunakan tombol-tombol untuk memasukkan perintah. Kini, dengan adanya teknologi layar sentuh memberikan kemudahan serta berbagai keunggulan lainnya. Mengecek keadaan layar adalah kegiatan penting mengingat sebagian besar fungsi hp ada di komponen ini. Berikut keuntungan mengeceknya.

Cek Sebelum Membeli

Keuntungan mengecek sebelum membeli tentu saja akan memberikan informasi fungsionalitas seluruh komponen hp, termasuk layar sentuh itu sendiri. Tanyakan kepada penjual untuk mengetes di depan Anda bahwa layar berfungsi secara baik. Ini dapat menghindari terjadinya kerugian jika tidak mengeceknya di toko.

Mengetahui Error Secara Dini

Menemukan error di screen hp yang lebih awal akan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memperbaikinya. Dengan demikian, bisa segera menggunakannya kembali. Jika sudah mengetahui adanya kerusakan dan tetap membiarkannya, dikhawatirkan akan semakin parah sehingga membuat Anda harus mengganti LCD dimana harganya juga tidak murah.

Menggunakan Hp Tanpa Gangguan

Layar sentuh yang terindikasi sehat, maka bisa bekerja secara optimal. Oleh sebab itu, tidak akan mengganggu aktivitas komunikasi atau penggunaan smartphone lainnya. Anda dapat mengeceknya apabila merasa ada hal tidak beres baik tanpa maupun menggunakan aplikasi bantuan.

Itu dia informasi seputar cek touchscreen hp oppo. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengetahui keadaan layar sentuh apakah berfungsi optimal atau tidak. Gunakan metode memasukkan kode unik atau memasang aplikasi bantuan dari Play Store.