18 Mei 2024

Keberadaan kamera pengawas menjadi hal penting agar dapat mengawasi berbagai momen serta gerak-gerik dari orang yang diawasi. Dengan pasang cctv di berbagai tempat, maka sangat berguna dalam mencari bukti kejahatan atau hal-hal dianggap penting lainnya.

Terdapat pilihan kamera pengawas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna sehingga akan membantu memaksimalkan pengawasan di tempat yang diinginkan. Anda juga dapat memasangnya sendiri atau menggunakan jasa yang terpercaya.

Perangkat yang berupa kamera ini akan memantau selama 24 jam penuh dan dapat dilihat melalui perangkat lain yang sudah disambungkan. Dengan demikian, pilih jenis kamera sesuai tipe dan kebutuhan Anda.

Jenis Kamera Pengawas

Pemasangan kamera pengawas di berbagai tempat, mulai dari area publik sampai di rumah-rumah memiliki jenis-jenis kamera berbeda-beda karena fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis kamera cctv.

1. CCTV IP

Tipe kamera yang pertama bernama IP (Internet Protocol) dimana langsung terkoneksi dengan internet. Pemakaian IP Camera ini dianggap lebih dinamis karena bisa menyaksikan rekaman real-time dengan hasil jernih dan jelas.

2. CCTV HD

Untuk memberikan hasil rekaman lebih jernih, Anda dapat memilih pasang cctv jenis HD (High Definition). CCTV HD cocok untuk area-area publik dengan jangkauan luas, seperti persimpangan jalan atau parkiran.

3. CCTV Bullet

Tipe kamera Bullet sering dijumpai di berbagai tempat, mulai dari pertokoan, mall, sampai rumah-rumah karena fleksibilitasnya tinggi. Keunggulan lainnya adalah, kamera ini bersifat waterproof sehingga cocok dipasang di area outdoor.

4. CCTV Dome

CCTV Dome mempunyai bentuk yang khas seperti kubah yang juga cocok digunakan untuk area luar ruangan. Tipe ini dapat menjangkau berbagai spot lebih beragam sehingga bagus dipasang di tempat-tempat umum.

Alat untuk Pasang CCTV

Dalam pasang cctv, Anda bisa menggunakan jasa terbaik di kota Anda, atau memilih memasangnya sendiri. Apabila ingin install sendiri, maka pastikan menyiapkan sejumlah peralatan pemasangan kamera pengawas seperti di bawah ini.

1. Monitor

Alat pertama yang dibutuhkan adalah monitor dimana Anda bisa menggunakan berbagai jenis, mulai dari LCD, LED, tv cembung, dan lainnya. Pastikan memilih monitor yang cocok untuk disambungkan dengan kabel coaxial.

2. Kamera CCTV

Hal paling utama tentu saja adalah kamera pengawas yang sudah dibeli sebelumnya. Pemilihan cctv dapat ditentukan dengan menentukan area pemasangan sehingga bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan, seperti pas dengan jangkauan tempat untuk dipantau.

3. DVR, Adaptor, Kabel

Peralatan berikutnya adalah DVR (Digital Video Recorder) sebagai penyimpanan rekaman. Alat lainnya juga harus disiapkan antara lain adaptor, power supply, kabel sebagai pengantar tegangan arus listrik, dan kabel coaxial untuk mengirimkan sinyal video cctv ke DVR dalam mengolah data.

4. Konektor

Konektor yang dibutuhkan adalah BNC atau Bayonet Neil Concelman yang berfungsi untuk menghubungkan kamera pengawas dengan DVR atau langsung menuju monitor.

Sistem Pemantau, Jasa Pasang CCTV Berpengalaman

Dapatkan harga paket pemasangan kamera pengawas dari sistempemantau.com agar lebih hemat. Dengan pengalaman dan sudah terpercaya, Anda tidak perlu ragu dan pilih tempat instalasi, mulai dari rumah, kantor, gudang, hotel, dan fasilitas umum.

Dengan melakukan pasang cctv di area yang harus dijaga atau dipantau akan memberikan ketenangan akan rasa aman. Anda dapat melakukan instalasi sendiri dengan menyiapkan sejumlah peralatan atau memilih jasa yang sudah terpercaya.