Cara Pasang Genset untuk Mengurangi Risiko Berbahaya

Pemakaian genset listrik sebagai sumber energi alternatif, baik untuk rumah tangga atau bisnis, semakin umum dilakukan masyarakat Indonesia. Anda juga bisa membelinya dengan mudah, sebab sudah ada banyak pihak yang jual genset listrik, entah secara offline maupun online.

Selain hati-hati dalam memilih, Anda pun perlu memperhatikan cara pemakaian genset listrik seperti yang dijelaskan berikut ini:

Pasang genset di tempat datar

Genset umumnya akan menghasilkan getaran saat dinyalakan. Jika Anda menempatkannya di permukaan bergelombang, genset berisiko bergerak atau jatuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda simpan genset di permukaan datar untuk mencegah risiko-risiko tersebut. Langkah ini juga secara tak langsung membuat genset mampu bekerja dalam waktu lama.

Hindari ruangan yang terlalu tertutup

Kalau Anda perhatikan, kebanyakan genset selalu dipasang di ruangan terbuka atau mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari karbon monoksida yang genset hasilkan, terutama dalam jangka waktu lama. Tak sedikit kasus keracunan terjadi akibat seseorang yang bekerja dekat genset di ruangan tertutup.

Jauhkan dari benda mudah terbakar

Selain ruangan tertutup, benda mudah terbakar sebaiknya dijauhkan juga dari jangkauan genset. Risiko kebakaran akan lebih besar terjadi apabila mesin disimpan berdekatan dengan benda-benda yang cepat terbakar saat tersulut api. Namun kalau terpaksa, pastikan ada jarak di antara genset dengan benda dan sediakan alat pemadam kebakaran.

Pakai sakelar transfer untuk genset

Bagi Anda yang memakai genset listrik untuk rumah tangga, jangan sekali-kali menghubungkannya langsung dengan kabel pada sistem listrik utama. Hal tersebut akan menjadi umpan balik saluran listrik dan menyebabkan kerusakan fatal, baik pada sistem utama maupun generator. Akan tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan memakai sakelar transfer dari kontraktor listrik berlisensi resmi.

Gunakan genset sesuai kapasitasnya

Penggunaan genset listrik sebaiknya sesuai dengan kapasitas yang diberikan. Mengoperasikan mesin hingga di luar kemampuannya berisiko merusak komponen. Dampak tersebut bukan hanya mengenai genset, tetapi juga peralatan yang mengandalkan aliran listrik dari mesin tersebut. Hal ini pula yang membuat genset listrik dianjurkan sebagai sumber energi cadangan.

Baca panduan sebelum memakai genset

Apa Anda belum pernah memakai genset? Dalam situasi seperti ini, pemula disarankan membaca panduan yang disediakan produsen untuk mencegah kesalahan berdampak fatal. Kemudian, Anda juga harus memastikan tak ada arus listrik PLN yang menyala dengan sakelar MCB dalam posisi off (turun). Dengan mematuhi aturan, Anda juga bakal tenang selama mengoperasikan genset.

Apabila terjadi kerusakan, jangan ragu hubungi teknisi dari tempat yang jual genset listrik bergaransi resmi untuk mengatasinya. Kecuali Anda menguasai teknis terkait genset, memperbaiki mesin tanpa wawasan tepat justru akan lebih berbahaya.

Putra Maraimo

Kembali ke atas