Cara Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah

Memiliki bisnis yang menghasilkan air limbah, pastinya butuh penanganannya tepat supaya tidak merusak lingkungan dan alam sekitar. Cara pengolahan air bersih dan air limbah juga tak bisa sembarangan, butuh cara yang tepat.

Cara Pengolahan Air Bersih

Untuk mengolah air bersih, perlu diperhatikan adalah bagaimana upaya teknis yang dilakukan tidak merusak sumbernya. Termasuk memastikan mutu cairan tetap terjaga hingga nantinya zat cair tersebut digunakan.

Intake

Penyediaan tempat penampungan zat cair, untuk memastikan jumlah yang ditampung dan diambil dari sumbernya akan sesuai kebutuhan

Pengaturan Laju Air

Laju zat cair tersebut juga perlu dipastikan, sehingga kondisinya konstan dan siap untuk proses selanjutnya. Pada tahap ini dibutuhkan menara air baku sebagai media pengaturan laju zat tersebut.

Koagulasi

Pada proses ini terjadi koagulasi, dimana kotoran di dalam air akan mengendap dan dibuang melalui saluran pembuangan.

Pengadukan Sistem Cepat

Dilakukan untuk melakukan pencampuran zat cair dan koagulan sebelum disaring

Pengadukan Lambat

Fungsinya zat yang mengkontaminasi air bisa mengendap dengan lebih maksimal

Filtrasi

Penyaringan air untuk memastikan zat akan digunakan sudah benar-benar bersih

Penampungan

Tahap terakhir untuk menampung zat cair bersih itu sehingga siap untuk digunakan

Cara Pengolahan Air Limbah

Beda dengan pengolahan air bersih, pada pengolahan limbah dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dipilih sesuai dengan jenis limbah hingga volume yang akan diolah lebih lanjut.

Irigasi

Merupakan metode atau cara dengan mengalirkannya ke sebuah saluran parit jenis terbuka. Sehingga nantinya akan terserap alami oleh tanah dan membantu meningkatkan kesuburan tanah.

Biasanya dipakai untuk mengalirkan jenis cairan sisa dari rumah tangga dan rumah potong hewan ke area pertanian.

Pengenceran

Pada cara ini, dilakukan pengenceran untuk menurunkan tingkat konsentrasi sehingga mudah untuk diolah lebih lanjut. Biasanya digunakan untuk mengolah jenis bahan sisa dalam skala besar, dimana zat cair yang dibutuhkan untuk melakukan pengenceran semakin banyak untuk mencapai tingkat encer yang diinginkan.

Kolam Oksidasi

Cara ini dilakukan dengan membuat sebuah kolam yang terpapar sinar matahari langsung, supaya proses pengolahan berjalan lancar. Selain itu digunakan juga berbagai bakteri dan ganggang akan membantu memaksimalkan proses pengolahan limbah.

Pada pengolahan limbah skala besar, dibutuhkan pihak profesional untuk membantu. Salah satunya seperti amritaenvironmental.com dimana layanan tersedia sudah banyak membantu berbagai pihak melakukan proses pengolahan limbah.

Untuk memastikan proses pengolahan, juga dibutuhkan persiapan diantaranya memastikan tidak ada saluran listrik yang akan mengganggu proses pengolahan. Oleh sebab itu dibutuhkan juga berbagai macam alat dan komponen seperti kabel duct dengan Harga Kabel Duct yang sesuai kebutuhan, filter air, dan alat penunjang lainnya untuk memastikan semua kabel tersusun rapi dan tidak akan rusak ketika proses pengolahan limbah dilakukan.

Putra Maraimo

Kembali ke atas