Inilah 5 Cara Menabung yang Benar Agar Cepat Kaya

Salah satu cara agar bisa lebih cepat mendapatkan kekayaan adalah menabung. Akan tetapi, menabung tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara untuk menabung yang benar. Dengan demikian, hasilnya akan lebih maksimal serta bisa menghemat lebih banyak waktu. Cara-cara ini biasanya sudah dilakukan oleh orang kaya. Jadi, jika Anda menerapkan ini bukan hal mustahil akan segera mengikuti jejak mereka.

Saat ini memang masih banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menabung secara tepat. Mayoritas masih menggunakan prinsip konvensional, yakni hanya sekadar menyimpan uang saja. Padahal, menabung lebih dari itu. Fenomena ini cukup wajar terjadi mengingat di bangku sekolah tidak pernah diajarkan mengenai keterampilan menabung ini. Lalu, bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut ini.

1. Membuat anggaran

Prinsip menabung memang menyimpan sejumlah uang. Meski begitu, menabung tetap harus menggunakan rancangan anggaran. Buat anggaran berapa persen dari penghasilan bulanan untuk ditabung. Setelah gaji atau pendapatan diterima, langsung masukkan ke dalam tabungan. Jangan menunggu sampai akhir bulan karena biasanya jumlahnya tidak tentu, bahkan mungkin tidak ada sisa uang.

Kesalahan banyak orang adalah meletakkan tabungan sebagai prioritas terakhir. Mereka hanya akan menabung ketika terdapat sisa di akhir bulan. Mulai saat ini, cobalah menghindari kebiasaan tersebut. Jika perlu, buat nominal pasti mengenai uang yang harus di tabung setiap bulan. Agar tidak keteteran di akhir, tabung tepat setelah gaji didapatkan.

2. Membuat target

Selain merencanakan anggaran, membuat target juga tak kalah penting dilakukan. Tanpa adanya target atau tujuan, Anda tidak akan memiliki semangat konsisten menabung. Buatlah target jumlah dalam satu rentang waktu tertentu. Ketika menerapkan cara ini, motivasi akan bisa terjaga. Saat muncul rasa malas, cobalah ingat-ingat tujuan ini.

Sebagai contoh, Anda merencanakan tabungan untuk membeli mobil. Ketika rasa malas mulai muncul, ingat kembali bahwa Anda memiliki tujuan membeli mobil. Selain menjaga motivasi, membuat target juga bisa memberikan gambaran berapa uang yang harus ditabung setiap bulan. Dalam rentang waktu sama, mencapai tujuan 50 juta tentu berbeda dibandingkan 20 juta.

3. Tetap berhemat

Percuma saja jumlah tabungan banyak, namun pengeluaran masih tidak terbendung. Oleh karena itu, menabung tidak hanya sekadar menyimpan uang, namun juga mengelola pengeluaran. Potong pengeluaran kebutuhan tersier jika memang tidak benar-benar dibutuhkan. Hentikan juga kegiatan-kegiatan konsumtif yang tidak bermanfaat seperti membeli rokok atau minuman alkohol.

4. Mencari penghasilan tambahan

Jika memang Anda ingin sedikit menikmati belanja barang-barang hiburan, cobalah mencari beberapa penghasilan tambahan. Saat ini sudah ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan bahkan secara online seperti bisnis dropship, menjadi freelancer, menjadi konten kreator, dan sebagainya. Setidaknya miliki minimal 3 sumber pendapatan agar bisa lebih leluasa dalam mengatur keuangan.

5. Berinvestasi

Menabung dengan cara menyimpan uang termasuk salah satu cara konvensional. Segera tinggalkan cara tersebut. Perlahan-lahan alihkan menyimpan uang menjadi membeli instrumen investasi. Investasi bisa meningkatkan jumlah uang yang disimpan. Sebagai contoh adalah emas. Apabila harga emas tahun ini adalah 1 juta, maka 10 tahun ke depan harganya bisa naik menjadi 1,5 juta. Selain emas, masih banyak instrumen investasi lainnya seperti properti, reksa dana, saham, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara untuk menabung yang benar. Anda bisa mulai mengaplikasikan sekarang juga. Bagi yang belum terbiasa, mungkin ini akan cukup berat. Akan tetapi, semakin lama langkah akan menjadi semakin ringan, bahkan dapat menjadi sebuah kebiasaan positif baru.

Putra Maraimo

Kembali ke atas