Genset Pabrik Bermasalah? Simak Cara Mengatasinya di Sini

Genset Pabrik Bermasalah? Simak Cara Mengatasinya di Sini
21 Mar

Genset berperan penting sebagai sumber daya listrik bagi pabrik. Bagik digunakan sebagai sumber utama maupun sumber daya cadangan, sangat penting untuk merawatnya secara teratur.

Perawatan genset ini sebetulnya termasuk mudah. Genset harus selalu dipastikan dalam keadaan bersih. Jadi ketika ada kotoran, debu atau minyak yang menempel harus lekas dibersihkan.

Selain itu, perlu mendeteksi secara dini agar ketika terjadi kerusakan bisa segera diatasi. Misalnya ada spare part yang sudah tidak berfungsi, Anda bisa segera coba untuk menggantinya.

Selain itu, genset ini juga harus diletakkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara lancar. Tujuannya agar gas hasil sisa pembakaran itu bisa terbuang dengan baik.

Operator genset juga harus memastikan kabel genset ini selalu tersambung dengan baik. Lalu pada bagian distilled water juga harus rutin diisi sesuai durasi yang direkomendasian.

Periksa juga apda bagian oli. Pastikan kondisi oli tetap baik. Jika misalnya perlu untuk mengganti, maka segera lakukan penggantian.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah rutin memanaskan genset. Dengan pemanasan yang rutin, membuat sirkulasi pada pelumasan bisa berlangsung dengan lancar.

Selalu juga lakukan service genset untuk memeriksa keadaan genset. Dengan melakukan service, maka kondisi genset ini bisa terpantau apakah sedang dalam keadaan baik atau tidak.

Biasanya perusahaan sewa genset menyediakan jasa ini. Anda bisa coba untuk mengeceknya di http://sewatama.com/id/product/power-rental/sewa-genset-solusi-kelistrikan/ .

Saat melakukan service genset ini dilakukan pemeriksaan menyeluuh sehingga bisa diketahui gambaran keadaan genset ini. Pemeriksaan itu dilakukan meliputi dari filter solar, filter oli, filter udara, air radiator, air accu, fan belt, baut mesin, kepala silinder, nozzle dan komponen genset lainnya.

Jika kondisi komponen tersebut ada yang kurang maksimal, maka perlu dilakukan penggantian sparepart. Jasa service genset mudah melakukannya karena memiliki koneksi langsung dengan berbagai penjual spare part genset.

Jadi untuk segala merek genset seperti Cummins, Foton, Lovol, Perkins dengan berbagai kapasitas genset, mudah disediakan spare partnya.

Service genset juga melayani jasa top overhaul maupun general overhaul. Service overhaul itu dilakukan ketika genset itu sudah beroperasi sekian ribu jam sehingga perlu dilakukan pemeriksaan pada sistem cooling, oli mesin, sampai melakukan penggantian nozzle.

Sedangkan general overhaul dilakukan saat genset sudah beroperas lebih lama lagi. Di sini biasanya dilakukan penggantian pada cylinder head genset tersebut.

Tinggalkan Balasan