8 Desember 2022

Meski sering disepelekan ternyata menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Oleh sebab itu, Anda terutama yang tinggal di kota besar seperti Jogja tidak boleh absen bertemu dengan dokter untuk pemeriksaan rutin. Untungnya, banyak dokter gigi Jogja yang memiliki kemampuan mumpuni sehingga dijamin bisa memberikan pelayan terbaik.

Dengan begitu, bagi Anda yang berada di kota Jogja atau sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik tanpa perlu bepergian jauh. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang di mana perjalanan jauh cukup berisiko bagi kesehatan.

Kenapa Harus Sering Periksa Gigi?

Anda tentu sudah pernah diberitahu untuk selalu memeriksakan diri ke dokter minimal setiap 6 bulan sekali. Namun, pernahkah Anda berpikir mengapa Anda harus rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut? Jika penasaran, berikut beberapa alasan medis yang perlu diketahui.

1. Meminimalisir kerusakan

Alasan utama kenapa harus sering periksa ke dokter adalah untuk mendeteksi kerusakan gigi yang terjadi sejak dini. Makin awal kerusakan tersebut diobati maka hal ini bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan yang lebih parah.

Biasanya, masalah yang paling sering ditemukan adalah gigi berlubang yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit sampai sulit untuk mengunyah makanan. Perlu diingat jika gigi dan mulut berperan penting dalam proses mengunyah makanan sehingga jika kondisinya rusak maka asupan nutrisi juga bisa mengalami gangguan.

Jika dibiarkan maka lubang tersebut bisa saja membesar dan semakin parah hingga menyebabkan infeksi hingga ke akar. Jika sudah begini maka penderita bisa mengalami pembekkakan yang nantinya menyebar ke bagian tubuh lain seperti leher, rahang, hingga dada.

2. Mengatasi plak

Perlu diketahui jika plak yang menempel di gigi bisa berkembang menjadi karang. Selain secara visual hal ini membuat penampilannya menjadi kurang estetika hal ini juga bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, baik anak-anak maupun orang dewasa perlu ke dokter untuk membersihkan gigi mereka. Meski sudah rutin disikat setiap hari namun karang tersebut tampaknya tidak bisa diatasi hanya dengan sikat saja.

3. Meminimalisir tanda-tanda penuaan

Tahukah Anda jika makin tua umur seseorang maka kondisi gigi juga akan ikut menurun? Tidak seperti kulit atau rambut yang tidak terlalu memengaruhi kesehatan tubuh namun hal ini berbeda dengan kondisi gigi. Seiring bertambahnya usia kekuatannya akan menurun sehingga lama-kelamaan tidak akan mampu berfungsi seperti dahulu.

Gigi akan semakin mudah berlubang, goyang, lalu tanggal satu persatu jika sudah lansia. Hal ini adalah hal yang umum sehingga sangat disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut sejak masih muda. Jika gigi dirawat dengan baik saat usia muda maka risiko-risiko di atas bisa diminimalisir.

Bagaimana Memilih Dokter yang Tepat?

Agar menjaga kondisi gigi dan mulut tetap baik maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendapatkan perawatan terbaik dari dokter yang berpengalaman. Perawatan terbaik tidak hanya menawarkan dokter yang kompeten namun juga peralatan kesehatan terbaik yang mampu memberikan hasil lebih maksimal.

Jika Anda berada di kota besar maka mencari klinik atau rumah sakit yang menawarkan pelayanan terbaik tentu sangat mudah. Salah satunya bisa ditemukan di kota Jogja. Meski sebenarnya kota tersebut masih belum terlalu ramai seperti kota Jakarta, Bandung, dan sekitarnya namun di sana sudah terdapat banyak fasilitas kesehatan yang bagus.

Salah satunya adalah Opal Dental Indonesia yang berlokasi di kota Jogja. Meski terletak di kota yang lumayan tradisional namun jangan salah karena kualitas dokter gigi Jogja khususnya di tempat ini tidak kalah dengan dokter-dokter yang ada di kota-kota besar lainnya.