2 Kriteria Masker Medis Terbaik dan Cara Pakai Terbaik

Saat ini menggunakan masker merupakan salah satu kewajiban bagi masyarakat, terutama sejak pandemi Covid-19 merebak di dunia termasuk Indonesia. Masker medis terbaik merupakan pilihan, karena memiliki spesifikasi lebih baik jika dibandingkan dengan masker non medis.

Penggunaannya, memang diprioritaskan untuk tiga kelompok utama. Yaitu tenaga kesehatan, orang yang memiliki gejala serangan Covid-19, dan siapa saja yang bertugas merawat pasien dengan identifikasi virus tersebut. Tapi, siapa saja tetap harus memaksimalkan penggunaannya terutama yang beraktivitas langsung dengan banyak orang.

masker medis terbaik

Kriteria Masker Medis Terbaik

Dua kriteria menjadi alasan mengapa masker medis memiliki kemampuan untuk menangkal virus lebih maksimal ketimbang non medis. Hal ini, menjadi alasan kenapa jenis master medis diprioritaskan untuk orang-orang yang rentan terpapar virus yang merebak awal tahun 2020 tersebut.

Kantongi Izin Edar Kementerian Kesehatan

Memiliki izin untuk diedarkan dari Kementerian Kesehatan, karena izin ini sudah melalui pengecekan mutu dari masker. Baik itu dari segi keamanan maupun manfaat, seperti lulus pengujian breathing resistance, bacterial filtration efficiency, dan partie filtration efficiency.

Pengujian ini dilakukan oleh ahli kesehatan, jika tidak lolos maka masker tidak bisa diedarkan terutama di kalangan medis.

Penyaringan Bakteri 95 persen

Masker tersebut sudah terbukti bisa menyaring bakteri hingga 95 persen, salah satunya adalah dengan identifikasi tiga lapisan khusus pada masker yang dibuat dari bahan khusus. Sehingga penyaringan virus dan bakteri jadi lebih baik.

Bagaimana Cara Memakai Masker Medis Terbaik?

Untuk memaksimalkan fungsi dari masker medis terbaik yang Anda gunakan, pastikan untuk memakai dengan cara yang tepat. Mengingat saat ini penyebaran virus Corona masih sangat mengkhawatirkan, ditambah pula bermunculan varian-varian baru yang belum ditemukan obatnya.

Cara pertama adalah, dengan memakai masker dua lapis, artinya pada lapisan dalam yang langsung menutupi hidung dan mulut digunakan masker medis yang sudah memenuhi kriteria. Kemudian di bagian luarnya ditutup lagi dengan masker non medis seperti masker kain dan sejenisnya.

Fungsi dua lapisan ini adalah untuk melakukan perlindungan ganda pada bagian hidung dan mulut. Agar, virus tidak gampang untuk terhirup atau masuk ke dalam mulut.

Cara kedua, untuk pasien yang masih teridentifikasi positif Covid-19 sebaiknya menggunakan masker dengan memastikan bagian filter berada di bagian dalam. Fungsinya, agar virus tidak menyebar keluar. Sedangkan untuk yang sehat, bagian filter pada masker berada di bagian luar masker untuk menangkal virus masuk ke dalam bagian tubuh.

Bagaimana Cara Membeli Masker Medis Terbaik

Sudah sangat mudah mendapatkan masker medis saat ini, Anda bisa membelinya melalui toko online atau marketplace seperti blibli.com. Karena, anjuran di rumah saja masih berlaku untuk meminimalisir kemungkinan terpapar Covid-19/ Tapi, pastikan beberapa hal berikut:

  • Pastikan bahwa masker yang dijual tersebut sudah memenuhi kriteria masker medis yang diterbitkan Kementerian Kesehatan.
  • Cek bagaimana komentar pembeli yang sudah pernah berbelanja di toko online pilihan Anda. Apakah mereka puas atau malah melakukan komplain.
  • Pastikan kemasan dari masker tertutup rapi, bisa dilihat dari detail gambar produk yang dijual secara online tersebut.
  • Pastikan garansi diberikan oleh penjual terhadap kerusakan dan lainnya, ketika barang diterima nanti.
  • Beli sesuai kebutuhan, jangan melakukan penumpukan produk masker hanya karena tidak ingin kehabisan stok masker medis.

Di tengah pandemi Covid-19 memang harus ekstra hati-hati dalam mencari Masker medis terbaik yang akan digunakan. Untungnya melalui blibli.com Anda bisa mendapatkan produk terbaik dan harga sesuai kualitas. Jadi, akan lebih nyaman saat menggunakannya setiap hari.

Putra Maraimo

Kembali ke atas