Mengatasi Bayi yang Rewel Setelah Imunisasi

Imunisasi merupakan cara terbaik untuk melindungi bayi dari paparan penyakit akibat virus, kuman, dan bakteri. Saat ini IDAI merekomendasikan setiap bayi lahir untuk dilakukan imunisasi dasar yang diwajibkan oleh pemerintah serta imunisasi tambahan.

Penyakit yang bisa dicegah dengan cara imunisasi meliputi TBC, hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, pneumonia, gondongan, diare akibat rotavirus, campak rubella, serta kanker serviks.

bayi Rewel

Kita akan membahas mengenai solusi bayi rewel setelah imunisasi agar orang tua tidak terlalu khawatir dan panik lagi.

1. Ciptakan Suasana Nyaman

Percayalah, rewel bayi akan mereda ketika suasana nyaman ia dapatkan. Moms bisa menciptakan suasana nyaman dengan cara mengatur suhu ruangan agar sejuk dan memberikan pakaian yang longgar pada bayi. Ajak ia bermain dan mengobrol biasa untuk mengalihkan perhatiannya. Hindari fokus pada bekas suntikan yang akan meningkatkan traumanya.

2. Pantau Suhu Bayi

Setelah imunisasi jangan lupa untuk selalu pantau suhu si kecil. Peningkatan suhu biasanya terjadi beberapa jam setelah bayi disuntik. Jika suhu melebihi 38 derajat celcius, berikan obat penurun panas yang direkomendasikan oleh dokter. Obat tersebut akan menurunkan demam serta menghilangkan nyeri akibat suntikan.

3. Gendong dan Peluk Bayi

Moms juga bisa menggendong serta memeluk bayi lebih sering setelah imunisasi. Bayi akan merasa nyaman dan tenang saat berada di pelukan ibunya, Tapi ingat Moms, hindari panik ya. Bayi bisa merasakan lho ketika ibunya panik, dan biasanya ia akan menolak digendong dan disusui oleh ibu yang panik.

4. Susui Lebih Banyak dan Sering

Demam serta rewel setelah imunisasi juga bisa diatasi dengan memberikan ASI lebih sering dari biasanya. Menyusu juga merupakan kegiatan yang membuat si kecil nyaman. Hormon oksitosin yang keluar saat menyusui juga menimbulkan efek tenang pada ibu dan dan bayi.

5. Kompres Bekas Suntikan dengan Air Dingin

Bekas suntikan yang sakit, nyeri, dan pegal bisa diatasi dengan cara mengompresnya. Caranya, ambil kain atau kasa yang telah direndam air dingin lalu kompreskan pada bekas suntikan bayi. Sensasi dingin pada saat dikompres akan membuat bayi lebih tenang. Kompres juga berguna untuk menghilangkan bengkak pada bekas suntikan.

6. Beri Pijatan Lembut

Percayalah Moms, bayi sangat suka dengan pijatan. Terlebih jika ibunya yang memijat. Pijatan di arena kaki, tangan, serta punggung mampu membuat si kecil nyaman setelah imunisasi. Bayi akan lebih rileks dan akhirnya Moms lega karena ia tidak rewel lagi.

Yang perlu diingat, jangan lupa untuk memotong kuku sebelum memijat bayi agar tidak melukai kulitnya. Moms bisa menggunakan minyak telon atau aroma terapi saat memijat untuk menimbulkan efek nyaman.

Jangan lupa ya Moms untuk selalu imunisasi Bayi tepat waktu untuk kesehatan anak-anak kita. Selain itu selalu gunakan pakaian dan popok yang nyaman saat melakukan imunisasi agar bayi tak mudah rewel. Moms bisa menggunakan Popok Merries yang memiliki permukaan lembut sehingga nyaman di kulit bayi.

Putra Maraimo

Kembali ke atas