Ini Dia 6 Pola Makan yang Wajib Diterapkan Agar Jantung Selalu Sehat

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Sebagai bagian terpenting dalam tubuh, merawat kesehatan jantung jelas wajib lebih ekstra agar jantung juga berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Banyaknya kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung membuat alat defibrilator banyak dicari oleh pengidap penyakit jantung bahkan berbagai instansi.

Dengan demikian, agar jantung selalu sehat dan terhindar dari penyakit, coba terapkan 5 pola makan dibawah ini:

1. Rutin Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Makanan berserat tinggi tidak hanya baik bagi kesehatan pencernaan tetapi juga sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat mengurangi kadar koresterol dalam tubuh Anda.

Dengan demikian mulailah banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti kacang-kacangan, sayuran, dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa tambahkan konsumsi gandum untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda.

2. Kurangi Penggunaan Garam pada Masakan
Penggunaan garam yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi kesehatan jantung. Oleh sebab itu jika sebelumnya Anda senang mengkonsumsi makanan dengan banyak garam, mulai dari sekarang kurangi garam dan cukup mengkonsumsi garam maksimal 1 sendok per hari

Selain itu kurangi pula membeli makanan kemasan dan masaklah sendiri agar lebih tahu kadar kandungan bumbunya.

3. Pelajari Cara Memasak yang Baik dan Benar Bagi Jantung
Selain memilih apa yang hendak di konsumsi, cara memasak juga sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Oleh karena itu pelajari komposisi yang baik bagi jantung saat hendak memasak, seperti lemak yang tetap dan sesuai, serta selalu sertakan omega-3.

Selain itu, akan lebih baik juga masakan lebih sering dipanggang atau dikukus. Hindari menggoreng makanan karena hal tersebut juga kurang baik bagi kesehatan jantung.

4. Atur Porsi Makan
Untuk menciptakan jantung yang sehat, porsi makan juga wajib diatur, yakni 45% karbohidrat, 30% protein dan 35% lemak baik. Jadi, penting sekali bagi Anda memahami kandungan setiap makanan agar dapat mengatur porsinya.

5. Dukung Dengan Vitamin dan Mineral
Dalam menjaga kesehatan jantung juga penting didukung dengan konsumsi vitamin serta mineral. Vitamin seperti suplemen dapat mencegah tekanan darah tinggi yang mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Selain itu jangan lupa konsumsi mineral seperti kalsium berupa vitamin E dari biji-bijian, potassium dari kentang dan ikan, serta magnesium dari gandum.

6. Say Big No Pada Makanan Berlemak dan Berkalori
Makanan berlemak dapat meningkatkan koresterol yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu kurangi makanan berlemak seperti keju, daging, mentega dan lain-lain. Hal ini dikarenakan makanan berlemak mengandung lemak jenuh yang membuat jantung tidak stabil jika dikonsumsi berlebihan.

Selain mengurangi makanan berlemak, Anda juga perlu mengurangi makanan yang mengandung kalori karena menyebabkan berat badan berlebih dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Pola makan ini tidak hanya baik bagi jantung, tapi juga sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Di kota besar seperti Jakarta dimana pola hidup masyarakatnya sangat sering mengkonsumsi makan berlemak tinggi, banyak dokter kulit di Jakarta yang merekomendasikan untuk mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi, apalagi jika kita kurang gerak dan olah raga.

Untuk membantu program pola makan bagi kesehatan jantung, Anda juga bisa mengkonsumsi ubi jalar, barley, oatmeal, yoghurt yang rendah lemak serta makanan bergizi lainnya. Jangan lupa untuk terapkan secara rutin cara tersebut agar jantung selalu sehat.