Jangan Sampai Aktivitas Terhambat, Pahami Mitos-mitos Alergi Berikut Ini

Jangan Sampai Aktivitas Terhambat, Pahami Mitos-mitos Alergi Berikut Ini
26 Nov

Alergi akan membuat penderitanya jadi tidak nyaman dalam beraktivitas. Sebab, alergi bisa menghambat aktivitas yang dijalaninya dan membuatnya harus menghindari alergen yang berbahaya bagi tubuhnya. Meskipun sudah ada obat yang bisa mengatasi alergi tersebut seperti Obat flu ampuh, namun peredaran mitos tentang alergi di masyarakat tetap tidak bisa dilepaskan. Beberapa mitos bahkan tidak beralasan hingga diragukan kebenarannya. Berikut ini beberapa diantaranya

Pilek dan alergi tidak bisa dipisahkan
Pilek dan alergi adalah dua hal yang sangat berbeda. Sementara flu biasa disebabkan oleh virus, alergi musiman terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen. Meski begitu, pilek dan alergi dapat memiliki beberapa gejala yang sama, seperti pilek, bersin, dan hidung tersumbat.

Gejala pilek lainnya, seperti demam, tidak berhubungan dengan alergi, begitu pula mata gatal yang biasa terjadi pada reaksi alergi jarang terjadi dengan pilek. Pilek dan alergi juga berbeda dalam hal berapa lama biasanya berlangsung. “Pilek bertahan 7 hingga 10 hari,” kata Dr. Ogden. “Alergi sedikit lebih persisten.” Apabila Anda ragu dengan kondisi terkini, temui ahli alergi untuk menentukan apakah gejala Anda disebabkan oleh alergi, pilek, atau hal lain. “Penelitian telah menunjukkan bahwa sensitisasi alergi, atau reaksi tubuh terhadap alergen, lebih tinggi pada orang yang lebih muda.” Katanya.

Alergi tidak terjadi di musim dingin
Salah satu mitos yang banyak berkembang di negeri dengan 4 musim adalah alergi tidak mungkin terjadi pada musm dingin. Sebab, pada musim dingin Anda akan terbebas dari serbuk sari dan debu yang berbahaya. Tapi, apakah hal tersebut benar adanya?

Musim dingin mungkin menjadi waktu terbaik tahun ini bagi banyak orang dengan alergi, tetapi itu tidak berarti reaksi alergi tidak dapat terjadi selama musim dingin. Alergen luar ruangan kurang menjadi perhatian karena Anda tidak memiliki serbuk sari di musim dingin, kata Douglas H. Jones, MD , dari Tanner Clinic di Layton, Utah. “Tetapi Anda masih memiliki alergen dalam ruangan,” seperti spora jamur dan tungau debu.

Demikian 2 mitos yang perlu dipahami tentang alergi. Selalu lengkapi pengetahuan Anda seputar dunia kesehatan dengan rutin membaca tips kesehatan terkini dan terpercaya. Serta siapkan juga domperidone obat mual muntah akut untuk berjaga-jaga dirumah Anda. Semoga bermanfaat.