Kamu Bisa Mendapat Waktu Tidur Berkualitas dengan Melakukan Cara Ini

Kamu Bisa Mendapat Waktu Tidur Berkualitas dengan Melakukan Cara Ini
25 Nov

Manusia membutuhkan beberapa waktu dalam kesehariannya untuk beristirahat. Waktu istirahat merupakan salah satu waktu yang cukup penting untuk dimiliki oleh tiap manusia karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah waktu istirahat merupakan waktu yang tepat bagi tubuh untuk kembali mengisi energi agar mampu digunakan beraktivitas di kemudian hari. saat tidur, tubuh memiliki waktu jeda untuk beristirahat setelah seharian digunakan untuk menjalankan aktivitas. Karena alasan tersebut, sudah sewajarnya bagi manusia untuk memiliki waktu tidur di malam hari dengan kualitas yang baik. Sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa mendapatkannya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat waktu tidur yang cukup berkualitas.

1. Jangan bermain hp ketika mau tidur
Sudah banyak pakar yang mengatakan bahwa hp tidak baik digunakan ketika anda ingin tidur. Radiasi yang dikeluarkan oleh hp akan mempersulit tubuh anda untuk melepaskan hormon yang bisa membuat anda menjadi lebih cepat terlelap. Bermain hp akan membuat tubuh anda memberi sinyal bahwa masih banyak kegiatan yang perlu dilakukan. hal inilah yang membuat jadwal tidur anda terganggu. Bila anda berencana untuk tidur pukul 10 malam, lebih baik anda tidak lagi bermain hp sejak pukul 9 malam. Hal ini dilakukan agar tubuh anda memiliki waktu jeda untuk akhirnya bisa tidur dengan nyenyak.

2. Doktrin diri sendiri untuk bangun pagi
Katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda harus bangun pagi esok hari. doktrin ini bisa membantu tubuh anda menjadi lebih cepat terlelap. Dengan memikirkan untuk harus bangun pagi, anda bisa menjadi mengantuk dalam jangka waktu yang lebih cepat. Hal yang berbeda akan terjadi bila tidak ada doktrin dalam sendiri untuk bangun pagi. Tubuh anda akan merasa santai tidur pukul berapapun.

3. Memiliki jadwal tidur yang teratur
Kualitas tidur bisa kamu dapatkan bila kamu terbiasa untuk menaati jadwal tidur yang ada. sesuaikan jadwal tidur dengan kegiatan yang kamu miliki. Setelah kamu menentukan, akan lebih baik bila jadwal tersebut bisa terus kamu taati. Pastikan kamu untuk menepati jadwal tidur yang sudah kamu tetapkan sendiri agar tubuhmu mampu beradaptasi sehingga tidak bingung dengan waktu tidur yang dipunya.

4. Makan tepat waktu
Selain tidur di waktu yang telah ditentukan, jadwal makan malam juga harus kamu tepati. Memiliki jadwal makan malam yang tidak tentu akan membuat tubuhmu tetap bekerja sehingga bisa mengganggu jadwal tidur yang sudah kamu punya. Itulah mengapa penting juga untuk memerhatikan jadwal makan malam.

Bagi kamu yang terbiasa tidur di waktu malam hari yang sudah larut, tentu masih bisa mengubah kebiasaan tersebut. Kamu bisa memulainya dengan cara perlahan, yaitu membuat dan menaati jadwal secara teratur.