Banyak yang Salah, Inilah Cara Menyusui yang Benar

Banyak yang Salah, Inilah Cara Menyusui yang Benar
23 Nov

Menyusui memang merupakan hal yang sangat alami, namun memang tidak sedikit para ibu yang masih mengalami kesulitan untuk menyusui. Bahkan masih banyak ibu yang salah dalam menyusui. Jangan berkecil hati, berikut ini adalah beberapa cara menyusui yang benar yang dapat anda praktekan dengan mudahnya. Bahkan cara ini akan membuat proses dalam menyusui, akan semakin mudah.

Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa ASI atau air susu ibu, memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Bahkan sudah terdapat lebih dari 200 kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini juga akan membuat tumbuh kembang yang dimiliki bayi dengan sempurna dan ikut menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh bayi. Maka dari itu, perhatikan bagaimana cara menyusui dengan benar.

Cara Mudah Menyusui yang Benar

1. Perhatikan bagian yang ditekan
Salah satu cara yang benar dalam menyusui, anda harus bisa menekan bagian yang penting untuk mengeluarkan susu yaitu areola. Dalam hal ini tekan bagian areola, jangan lupa untuk menggunakan bagian telunjuk dan juga ibu jari untuk memudahkan anda. Nantinya cara ini akan membantu untuk mengeluarkan 2-3 tetes ASI.

Jangan lupa juga untuk selalu mengoleskan bagian puting dan juga areola, dengan ASI. Hal ini sebagai salah satu cara, untuk membuat perhatian si kecil dengan puting anda dan memudahkan kegiatan menyusui.

2. Perhatikan mulut si bayi
Saat proses menyusui dilakukan, perhatikan bagaimana bayi anda mulai mengisap bagian puting anda. Pada saat ini, selalu pastikan bahwa saat bayi mulai menghisap, usahakan bahwa mulut si bayi benar-benar menyentuh areola anda. Cara ini akan memberikan rangsangan secara langsung, agar memberikan ASI semakin mudah untuk keluar.

Banyak bayi yang justru tidak secara sempurna menempelkan mulutnya di bagian areola, secara tidak langsung dan banyak tidak disadari oleh si ibu, bahwa hal ini akan membuat ASI semakin sulit untuk keluar. Dengan merangsang areola payudara, akan membuat ASI atau air susu ibu semakin mudah untuk keluar hingga terangsang untuk semakin lancar.

3. Gunakan kedua payudara
Jangan hanya menggunakan sebelah payudara saja dalam menyusui. Cara menyusui yang benar, adalah dengan menggunakan kedua belah payudara secara bergantian. Bahkan hal ini akan membuat si bayi lebih nyaman dan juga tenang, sekaligus akan membuat payudara anda tidak merasa bengkak hanya di sebelah sisi saja.

ASI juga akan semakin mudah keluar, jika menggunakan kedua belah payudara secara bergantian. Jangan lupa untuk tetap merangsang keluarnya ASI, dengan menggunakan kedua belah ASI secara bergantian.

4. Jadwalkan pemberian ASI
Banyak ibu yang memang tiak memberikan jadwal tersendiri dalam memberikan ASI. Salah satu cara menyusui yang benar adalah dengan memberikan atau memiliki jadwal sendiri, kapan harus memberikan ASI kepada bayi. Waktu terbaik atau jangka terbaik dalam memberikan ASI, adalah setiap 2 atau bahkan 3 jam sekali.

Hal ini akan semakin memberikan kelancaran ASI anda, untuk keluar semakin lancar. Bahkan akan memudahkan si bayi, dalam meminum susu yang anda miliki. Selain itu, anda juga bisa memberikan ASI saat diminta oleh si kecil.

5. Keringkan payudara dengan ASI
Cara menyusui yang benar, adalah dengan memberikan atau mengoleskan sedikit ASI di bagian payudara. Lalu biarkan mongering dengan sendirinya. Hal ini memang dilakukan, untuk bisa mengurangi risiko iritasi yang mungkin terjadi, atau bahkan lecet yang ada di bagian puting atau areola.

Mudah bukan setelah mengetahui cara menyusui yang benar? Dalam hal ini memang tidak sulit, namun pastikan bahwa anda tetap merangsang keluarnya ASI dan memberikan ASI secara merata. Jangan lupa secara rutin untuk mengeluarkan ASI.