Memilih Obat Pilek yang Aman untuk Anak

Pilek merupakan penyakit yang umum diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan. Meskipun tidak berbahaya, pilek pada anak harus mendapat penanganan yang tepat. Sebab, berbeda dengan orang tua, anak-anak biasanya akan menjadi rewel saat sedang pilek.

Meskipun obat pilek biasa didapatkan bebas diapotek, Anda harus tetap berhati-hati di dalam memilih obat pilek untuk anak. Ini karena jika tidak sesuai bukannya membuat gejala menurun namun justru menjadi lebih parah. Ada baiknya, jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikan obat kepada anak.

Tips Memilih Obat Pilek yang Aman untuk Anak

1. Jangan pernah memberikan obat pilek dewasa kepada anak. Obat pilek untuk dewasa memiliki dosis yang berbeda dengan anak-anak, sehingga berbahaya jika memberikannya. Pilih obat pilek yang ditujukan bagi anak-anak untuk mendapatkan dosis yang tepat.
2. Anda boleh memberikan obat tanpa resep dokter untuk anak yang sudah berusia 4 tahun ke atas. Jika masih di bawah 4 tahun, disarankan untuk menghubungi dokter. Setelah digunakan, pastikan tertutup rapat dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
3. Selalu cek komposisi obat yang tertera pada label. Masing-masing obat memiliki kandungan yang berbeda. Obat pilek biasanya memiliki zat aktif untuk menurunkan demam. Jika anak hanya pilek, pilih yang hanya untuk pilek. Anda bisa memilih https://goapotik.com/ namun disarankan untuk tetap menyuruhnya beristirahat supaya gejala segera mereda.
4. Ikuti peraturan yang ada untuk pemberian obat. Menggunakan obat yang tidak sesuai aturan akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi keselamatan nyawa pasien. Ini tidak hanya untuk anak-anak namun juga orang dewasa.
5. Gunakan sendok takar yang telah disediakan. Jangan gunakan sendok yang ada di rumah, sebab ukuran dan dosisnya menjadi berbeda. Hal ini sering kali disepelekan meskipun penting. Mengkonsumsi obat yang tidak sesuai dengan takarannya berbahaya bagi kesehatan.
6. Ingat bahwa obat pilek hanya untuk mengurangi gejala seperti batuk, meler, hidung tersumbat, dan demam. Obat ini tidak bertujuan untuk menyembuhkan hanya mengurangi gejala yang dirasakan anak. Biasanya gejala pilek akan mereda dalam 7 hari, obat membantu untuk meredakannya lebih cepat dan mencegahnya menjadi lebih parah.
7. Jika bingung, tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk memilih obat dan dosis yang tepat untuk anak Anda. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda.
8. Apabila gejala yang dialami anak sudah arah sebaiknya segera periksa ke dokter. Selain itu jika sudah mengkonsumsi obat dan belum membaik, juga segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.