Penting! Mengetahui Penyakit Liver dan Cara Pencegahannya

Jenis penyakit lainnya yang mengancam kesehatan seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat adalah penyakit liver. Penyakit liver atau dikenal dengan penyakit hati merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis faktor yang mempengaruhi fungsi hati. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum alkohol maka juga rentan terserang penyakit liver.

Jika anda mempertahankan kebiasaan buruk tersebut maka akan berdampak pada hati dimana terdapat luka pada jaringan hati sehingga menyebabkan gagal hati atau fungsi yang terganggu. Kondisi ini pun bisa mengancam nyawa seseorang. Agar bisa menanggulangi atau mencegah penyakit hati menyerang Anda berikut ini ulasan lengkapnya.

Penyebab penyakit Liver

Penyebab penyakit Liver

Saat ini ada berbagai macam penyebab penyakit liver bisa timbul Berikut ini merupakan penyebab paling umum yang menyebabkan penyakit liver.

1. Adanya Infeksi

Penyebab paling utama penyakit liver bisa muncul adalah adanya infeksi yang terjadi pada hati dimana infeksi tersebut mengakibatkan adanya peradangan sehingga menghilangkan fungsi hati. Virus-virus tersebut biasanya akan menyebar melalui urin dan darah bahkan makanan ataupun air yang telah terkontaminasi.

Beberapa virus penyebab penyakit liver antara lain hepatitis A Hepatitis B serta Hepatitis C. Oleh sebab itu jika anda sudah terserang virus tersebut maka segeralah mendapatkan perawatan secepat mungkin agar tidak mengakibatkan penyakit liver yang lebih berbahaya.

2. Genetika

Penyebab lainnya adalah disebabkan oleh gen yang berasal dari kedua orang tua ataupun salah satu yang telah memiliki riwayat penyakit hati atau penyakit lainnya yang mengakibatkan kerusakan pada hati. Biasanya penyakit hati pada genetik ini meliputi hemokromatosis, hiperoksaluria dan oxalosis.

3. Adanya Lemak

Penyebab lain yang mengakibatkan penyakit liver bisa terjadi adalah adanya lemak yang telah terakumulasi pada hati atau jenis penyakit hati berlemak non-alkohol. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada orang gemuk.

4. Akibat Gangguan Aliran Empedu

Penyebab lainnya yang mengakibatkan penyakit liver bisa muncul adalah adanya gangguan pada aliran empedu baik diakibatkan karena cairan empedu yang berkurang atau terdapatnya hambatan pada saluran empedu. Gangguan pada aliran Abdul inilah yang nantinya akan mengakibatkan penumpukan bilirubin yang terdapat pada darah.

Bilirubin sendiri pada lah produksi sisa dari proses penghancuran sel-sel darah merah dan harus dibuang dari proses ataupun urine.

5. Penyalahgunaan Obat-obatan

Faktor lain yang menyebabkan penyakit liver ini bisa terjadi adalah seseorang yang sering menyalahgunakan NAPZA dengan menggunakan berbagai jenis jarum suntik. Sungai itu seseorang yang sebelumnya terkena penyakit diabetes pun memiliki resiko terkena penyakit liver.

Gejala-Gejala Penyakit Liver

Gejala-Gejala Penyakit Liver

Mengetahui gejala-gejala penderita liver atau penyakit liver ini pun sangat penting agar nantinya Anda atau saudara anda bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin. Dengan mendapatkan perawatan sedini mungkin inilah resiko penyakit liver memburuk akan berkurang. Hal ini karena kita tahu bahwa penyakit liver merupakan salah satu penyakit berbahaya.

1. Nafsu Makan Berkurang

Seseorang yang terserang penyakit liver akan mengalami gangguan pada nafsu makan mereka. Di mana mereka akan kehilangan nafsu makan secara drastis. Kendati nafsu makan Anda berkurang, andapun akan menjumpai perubahan perut menjadi lebih buruk daripada biasanya.

Hal ini biasanya disebabkan karena terdapatnya pembengkakan pada tulang rusuk di bagian kanan bawah. Akan tetapi anda mungkin akan mengalami penurunan berat badan yang terus menerus.

2. Perubahan Warna Mata

Gejala yang paling terlihat dari penyakit liver adalah adanya perubahan warna kulit dan warna mata penderitanya. Biasanya seseorang yang telah terjangkit penyakit liver bagian mata dan kulitnya akan terlihat seperti kekuning-kuningan. Masyarakat umum biasanya menyebut gangguan ini sebagai penyakit kuning.

3. Air Seni Berubah

Penderita penyakit liver pun juga akan menjumpai perubahan pada warna air seni mereka. Biasanya urine penderita penyakit liver ini akan berwarna kuning gelap. Tak hanya itu biasanya penderitaannya pun akan lebih sering buang air kecil dibandingkan dengan keadaan normal walaupun mereka hanya minum sedikit air.

4. Anemia

Anemia atau kekurangan daerah ini pun dipercaya menjadi penyebab lainnya dari penyakit liver. Sehingga sebisa mungkin anda menghindari penyebab terjadinya anemia untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit liver yang lebih berbahaya.

Pengobatan Penyakit Liver

Berikut ini serangkaian pengobatan yang biasanya dilakukan oleh para dokter untuk proses penyembuhan penderita penyakit liver.

Tes Darah

Langkah pertama yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah melakukan tes darah. Tes darah ini dilakukan agar dokter bisa mengetahui bagaimana kondisi peradangan yang telah terjadi pada hati dan bagaimana peradangan tersebut mempengaruhi fungsi organ hati.

Biasanya para dokter akan melakukan berbagai hal seperti perhitungan sel darah secara lengkap, pemeriksaan fungsi hati yang dilakukan dengan cara melihat seberapa banyak kadar enzim yang dilepas pada saat hati mengalami peradangan, melihat Bagaimana fungsi pembekuan darah serta deteksi virus.

Biopsi Hati

Langkah selanjutnya yang biasa digunakan oleh para dokter adalah biopsi hati. Metode ini biasanya dilakukan dengan cara mengambil sampel Jaringan yang terdapat pada hati dengan menggunakan jarum yang sangat halus. Untuk mengambil sampel tersebut biasanya para dokter akan memberikan obat bius terhadap pasiennya agar tidak mengalami sakit.

Tes Genetik

Selain itu biasanya dokter juga melakukan tes genetik. Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil yang ada derita diturunkan dari gen atau tidak.

Pencegahan Penyakit Liver

Bagi Anda yang belum terkena penyakit liver atau penyakit liver anda tentang parah maka ada baiknya anda menerapkan hal-hal berikut ini. Karena kita tahu bahwa jika anda memiliki riwayat penyakit liver tetapi tidak berkeinginan menerapkan pola hidup yang sehat maka kondisi akan semakin buruk dan bahkan mengancam nyawa anda.

1. Alkohol merupakan salah satu penyebab penyakit liver bisa muncul. Oleh sebab itu jika anda ingin memiliki hati sehat yang berfungsi dengan baik maka ada baiknya anda menghindari konsumsi alkohol.

2. Penyebab lainnya yang mengakibatkan penyakit liver bisa muncul adalah adanya virus dan bakteri yang menyerang tubuh anda. Karenanya disarankan untuk semua orang yang ingin menghindari penyakit ini untuk selalu menjaga kebersihan baik tubuh anda ataupun lingkungan sekitar anda tinggal.

3. Tak hanya itu selain menjaga kesehatan Tak hanya itu selain menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, Anda juga harus memperhatikan nutrisi yang anda konsumsi. Untuk menjaga agar terhindar dari penyakit hati Maka Pilihlah jenis makanan yang rendah lemak, buah-buahan serta sayuran, yang menghindarkan diri dari penyakit hati.

4. Jika selama jika selama ini ada jarang sekali berolahraga maka untuk menghindari penyakit hati anda harus mulai rajin berolahraga. Olahraga sendiri penting untuk tubuh anda agar lemak yang ada di dalam tubuh anda bisa berkurang sehingga secara tidak langsung kesehatan hati anda akan meningkat.

Pilihlah jenis olahraga yang cocok untuk Anda dan sebisa mungkin rutin melakukannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit liver yang perlu Anda ketahui, dengan mengetahui gejala penyebab dan cara pengobatannya maka penyakit liver anda akan segera teratasi.

Putra Maraimo

Kembali ke atas