8 Desember 2022

Lebaran haji atau Idul Adha selalu ditunggu setiap tahunnya oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Bukan hanya ramai tentang calon jamaah yang harus menyiapkan banyak hal untuk pergi haji, tetapi ada ibadah lain yang bisa dilakukan setiap orang yaitu berqurban. Tentunya dengan melakukan ibadah qurban, maka ada beberapa pahala yang bisa diperoleh oleh orang yang berqurban. Mulai dari meningkatkan taqwa pada diri sendiri dan rasa bersyukur sehingga bisa berbagi kepada yang lain melalui qurban. Dengan melaksanakan qurban, maka seorang muslim sedang menjalankan syiar agama. Tentunya ada banyak sekali cara agar bisa berqurban secepatnya, berikut tips cerdasnya.

Tabung sejumlah uang setiap bulan

Jika harus membeli hewan qurban secara langsung, tentu akan memberatkan orang yang terkendala biaya. Makanya disarankan untuk menabung dengan nominal tertentu setiap bulannya agar sebelum Idul Adha tiba, semua uang sudah terkumpul dan bisa mendatangi penjual hewan terdekat. Hal ini tentunya akan lebih mudah dilakukan setiap orang agar bisa melakukan ibadah yang satu ini. Jadi mulai sekarang bisa merencanakan nominal setiap bulannya dengan membagi harga total hewan ternak dibagi menjadi 10 bulan.

Manfaatkan tabungan qurban

Sekarang banyak bank syariah menghadirkan layanan yang bernama tabungan qurban yang membantu setiap nasabahnya untuk bisa segera berqurban. Cara ini bisa dibilang efektif karena nasabah harus menyiapkan sejumlah dana untuk ditabung setiap bulannya. Nasabah bisa mengajak semua anggota keluarga seperti orang tua, pasangan, anak, dan saudara agar mengikuti tabungan ini. Agar lebih jelas, datang ke bank dan bertemua customer service yang akan menjelaskan secara rinci mengenai persyaratan saat ingin mendaftar tabungan qurban.

Selain adanya tabungan qurban, bank syariah juga menyediakan layanan lain yang memang dibutuhkan banyak orang yaitu tabungan emas syariah terpercaya. Tabungan jenis ini cocok sekali untuk orang-orang yang suka berinvestasi dengan cara membeli emas. Kelebihan menabung emas di bank adalah keamanan terjamin karena sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak bank dan mudah dicairkan menjadi uang tunai suatu saat dibutuhkan nasabah.