Kebiasaan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Wajah Berjerawat

Kebiasaan yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Wajah Berjerawat
22 Nov

Siapa yang suka apabila jerawat sering berkunjung ke wajah? Pasti tak ada. Namun, jerawat seringkali menjadi permasalahan pelik, terlebih jika satu jerawat muncul disaat jerawat yang lain belum pergi. Menyebalkan pasti. Akan tetapi, pernahkah terlintas di pikiran Anda bahwa cara Anda kurang tepat saat memperlakukan jerawat yang ada? Mari kita ulas beberapa larangan yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa sadar yang memperparah kondisi jerawat.

A. Jarang Mengganti Handuk Wajah
Kebiasaan menggunakan handuk yang sama selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan seringkali dilakukan. Hanya karena kotoran di handuk tidak terlihat dan bahkan air bisa kering setelah dijemur. Tetapi pernahkah Anda mencoba untuk melihat berapa banyak bakteri yang tinggal di handuk tersebut? Bakteri inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah. Bersama dengan sisa kotoran diwajah, bakteri akan masuk ke pori-pori kulit dan akan berkembang biak dan bisa menimbulkan jerawat. Sebaiknya, pemakaian handuk untuk muka diganti secara rutin setiap 3 hari sekali atau maksimal seminggu sekali.

B. Tak Berhenti Memainkan Tangan di Wajah
Jerawat yang muncul membuat gemas si pemilik, sehingga tanpa sadar sering menyentuhnya. Padahal, menyentuh jerawat, bahkan saat kondisi tangan sedang kotor, hanya akan memperparah kondisi jerawat. Penyebabnya adalah kuman dan bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke wajah dan jerawat. Sehingga jerawat akan meradang dan menambah rasa sakit.

C. Memencet Jerawat
Ketidaksukaan pada jerawat yang muncul menimbulkan keinginan untuk cara menghilangkan jerawat secara cepat dan instan. Sebagian orang berfikir kalau memencet jerawat adalah cara yang tepat. Sebenarnya, memencet jerawat hanya akan menimbulkan masalah lain, yaitu munculnya bopeng pada wajah. Bopeng yang dalam akibat jerawat yang besar hanya akan memberi bekas yang nyata pada wajah. Walau bopeng ini dapat dihilangkan dengan alat, namun membuat biaya perawatan yang harus dikeluarkan menjadi membengkak. Bukan semakin hemat, malah semakin besar pengeluarannya.

D. Tidak Membersihkan Wajah Dengan Benar
Aktivitas seharian di dalam maupun di luar ruangan cukup membuat wajah berkeringat dan berminyak. Nah, jika Anda terlalu malas untuk membersihkannya, jerawat pun akan aktif bersarang ke wajah Anda. Tak mau hal itu terjadi? Segera perbaiki kebiasaan Anda tidak mencuci muka setelah beraktivitas diluar ruangan. Eits, terlalu sering mencuci muka dengan sabun, atau bahkan melakukan scrub pada muka, juga tak baik bagi kesehatan wajah lho. Pasalnya, hal tersebut membuat kulit menjadi iritasi dan sensitif. Selain itu, bahan kimia dalam sabun dapat membunuh bakteri baik yang harus tetap ada pada wajah. Oleh sebab itu, cukup mencuci muka sebanyak 2 kali dalam sehari.

E. Keinginan Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Instan
Tidak ada yang instan di dunia ini. Slogan ini juga berlaku untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Bahan kimia yang bersifat keras, seperti asam salisilat dalam aspirin, krim yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur, bisa Anda gunakan untuk mengurangi peradangan jerawat. Namun, obat-obat tersebut tidak pas jika Anda pakai dalam keseharian. Efek lainnya, wajah Anda akan terpapar langsung oleh bahan kimia keras tersebut sehingga membuat wajah memerah.

Perubahan kecil dimulai dari diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dimulai dengan mengubah kebiasaan buruk, ditambah merawat wajah dengan baik dan benar, akan membuat jerawat pergi dan enggan kembali lagi.